15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Metode penulisan konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.

Seringkali artikel yang dibagikan juga telah expired, namun sebab masih nongkrong di pencarian tetap digunakan. Banyak hal yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dibuat master Seo, berikut ini adalah tips menulis artikel yang dijamin bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kami masukkan sebagai poin dasar karena kita anggap sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dibuat buat.

Mungkin kawan dapat memanipulasi backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab selain kendali kamu sebagai pemilik web. Jadi, tidak salah kalau UX menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine milik google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan respon user ketika mereka surfing situs kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, semakin lama dan enjoy mereka di website, itu artinya makin menarik konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing user, meski tidak memakai produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun cara menulis tulisan SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Fokus dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Ini harus dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus sebenarnya mempermudah pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Pakailah Title yang Clickbait


Seperti contoh judul di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika menyusun ide konten sebab jika dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan tidak terbaca dan aneh saat dibaca. Tapi jika dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Mungkin Anda user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari search engine terkadang melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

 15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kalau judul kamu tidak jelas dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula peringkatnya di search engine.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu kurang efisien.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah konten yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara mendalam.

Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

warning : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar poin yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per artikel malah memudahkan visitor sebaiknya buat saja.

 15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir peringkat blognya turun jika membuat link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link kawan ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kawan. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog sobat sebagai situs yang terpercaya karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

 15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (jika kamu mengenalkan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kawan tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu artikel.

kawan malah wajib berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, sobat lagi menulis trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka sobat bisa menambahkan kata kata yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Serupa di atas, jika anda menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kalian bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kalian juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di artikel kita.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk sisi user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dilihat aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic umumnya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan ruh paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu konten.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama konten itu.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel tidak artistik.

Untuk mengakalinya, sobat bisa memasukkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada google.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine nah saat membuka blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat mencari artikel di search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan membaca konten yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada mesin yang melakukan indeking di tulisan yang dibuat.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika sobat memakai image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar sobat tidak sama dengan image yang sobat unduh tersebut. Kalau perlu, kalian juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda sajikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek artikel kamu sebagai tulisan yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan konten kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang canggih


Membuat konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan tulisan bukan copas dan mantap bersaing di pejwan. Seperti pada artikel yang kita posting ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai tool supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat kamu menciptakan konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang saya buat pada artikel ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly untuk mencari perhatian search engine itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page postingan kalian cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang menambahkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel