16 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda
Selasa, 19 Februari 2019
Add Comment
Teknik menulis artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak karya orang.
Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, namun sebab masih ada di pencarian tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dibuat ahli Seo, berikut ini adalah tips membuat tulisan yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini saya tuliskan dalam poin paling penting karena saya anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat karena diluar kontrol kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran jika UX menjadi salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan respon user ketika mereka surfing website kawan. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin berkualitas konten dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, walaupun tidak memakai produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun tips menulis tulisan SEO Anda, kalau tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang masuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
Fokus dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai raja.
Ini kudu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Seringnya blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam title postingan.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten karena melihat dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika menyusun title konten karena kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi not readable dan aneh saat dibaca. Namun kalau dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Tidak sulit jika kamu user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dilihat karena nantinya pengunjung dari pencarian terkadang membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul sobat tidak jelas dan tidak nyaman dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.
Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.
Jika Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis tulisan panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kita rasa cara Anda itu tidak akan efisien.
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini mendapati bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya inti yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca kawan maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
Banyak yang khawatir soal ini. Akibat khawatir peringkat webnya turun kalau membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow saat membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kamu ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat web kawan sebagai web yang keren karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan mengenalkan produk/jasa).
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah tulisan.
kalian malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Misal, kawan sedang membuat trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kalian dapat memberi istilah-istilah memiliki maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Contoh lagi kalau anda membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau kalian bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kamu juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Cara yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting pada artikel kamu.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari segi user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat visitor silau dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna ide terpenting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama konten tersebut.
Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat postingan jadi agak kaku.
Agar lebih mudah, kawan dapat menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi kalau pemakai wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada google.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine ketika mendatangi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika googling di search engine, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada mesin yang melakukan indeking di konten tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kamu memakai image dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak sama dengan gambar yang anda unduh tersebut. Jika harus, anda juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit editan gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.
Semakin kaya informasi yang kamu isi, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi konten sobat sebagai postingan yang mantap di pejwan.
Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang cocok.
Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah di satu konten.
Inonasi Keyword ini membuat postingan kamu jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan konten bukan copas dan mampu bertahan di page one. Seperti pada konten yang kita posting ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan tool canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan konten dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang kita buat pada konten ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu wajar, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan kalian cuma agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma search engine telah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kawan dapat merajai page one.
Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, namun sebab masih ada di pencarian tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dibuat ahli Seo, berikut ini adalah tips membuat tulisan yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini saya tuliskan dalam poin paling penting karena saya anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat karena diluar kontrol kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran jika UX menjadi salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan respon user ketika mereka surfing website kawan. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin berkualitas konten dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, walaupun tidak memakai produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun tips menulis tulisan SEO Anda, kalau tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang masuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Penulisan yang benar
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Template yang Responsive
Fokus dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai raja.
2. Gunakan Keyword di Judul Artikel
Ini kudu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Seringnya blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam title postingan.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Clickable
Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten karena melihat dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Mengundang Klik
Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika menyusun title konten karena kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi not readable dan aneh saat dibaca. Namun kalau dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Tidak sulit jika kamu user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dilihat karena nantinya pengunjung dari pencarian terkadang membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul sobat tidak jelas dan tidak nyaman dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.
Jika Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis tulisan panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kita rasa cara Anda itu tidak akan efisien.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini mendapati bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya inti yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Pakai Internal Linking dalam tulisan
Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah internal link tiap artikelnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca kawan maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan
Banyak yang khawatir soal ini. Akibat khawatir peringkat webnya turun kalau membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow saat membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kamu ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat web kawan sebagai web yang keren karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan mengenalkan produk/jasa).
7. Hitung Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?
Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah tulisan.
kalian malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Misal, kawan sedang membuat trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kalian dapat memberi istilah-istilah memiliki maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Contoh lagi kalau anda membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau kalian bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kamu juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting pada artikel kamu.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari segi user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat visitor silau dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna ide terpenting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama konten tersebut.
Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat postingan jadi agak kaku.
Agar lebih mudah, kawan dapat menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi kalau pemakai wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada google.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine ketika mendatangi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika googling di search engine, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.
13. Masukkan Attribut Alt di Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada mesin yang melakukan indeking di konten tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kamu memakai image dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak sama dengan gambar yang anda unduh tersebut. Jika harus, anda juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit editan gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.
14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kamu isi, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi konten sobat sebagai postingan yang mantap di pejwan.
Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang cocok.
Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah di satu konten.
Inonasi Keyword ini membuat postingan kamu jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan
Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan konten bukan copas dan mampu bertahan di page one. Seperti pada konten yang kita posting ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan tool canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan konten dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang kita buat pada konten ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu wajar, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan kalian cuma agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma search engine telah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kawan dapat merajai page one.
0 Response to "16 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda"
Catat Ulasan