Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense
Isnin, 28 Januari 2019
Add Comment
Teknik menulis artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.
Banyak tips-tips mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini adalah trik membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling mendasar dari sebuah situs yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena selain kendali kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan respon user ketika mereka surfing situs kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing user, walaupun tidak menggunakan produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun teknik penulisan tulisan SEO Kawan, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
Inti dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.
Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Biasanya blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku intinya kata pada pencarian supaya tetap utuh.
Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan artikel asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibuat menjadi title yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Kalau sobat user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini tetap enak dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine seringnya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul sobat kaku dan kurang menarik saat dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak murahan.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.
Pakar Seo berpendapat tambah panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin di awal, melihat dari pengalaman pengguna.
Jika Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu tersebut tidak akan efektif.
Maksud saya yaitu tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya topik yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link tiap konten malah membantu user sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per postingan ? Banyak.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir ranking webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kamu untuk web-web authority yang relevan dengan topik artikel, maka memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web anda. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs kamu sebagai blogs yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

External link ke situs yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat external link, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kalian merekomendasikan produk/jasa).
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup pintar untuk menilai kualitas untuk sebuah artikel.
sobat malah harus berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Contoh, kawan lagi membuat trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi sobat dapat menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lagi kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kamu bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol pada artikel kita.
Namun dalam kenyataannya, pemilik website yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya cuma pada kata yang diinginkan saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk sisi user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung bingung dan langsung pergi akibat konten yang dilihat kelihatan tidak profesional.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna pokok paling penting pada suatu halaman website.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.
Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 merupakan gagasan utama suatu postingan.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama artikel itu.
Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan menjadi tidak readable.
Agar lebih mudah, kamu bisa memasukkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine nah saat membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel yang tadi kita buat.
Google tidak bisa membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke mesin yang bekerja indeking pada halaman itu.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kamu memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak sama dengan gambar yang kamu download itu. Kalau bisa, anda juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan image agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .
Semakin kaya informasi yang sobat berikan, semakin besar peluang Google mendeteksi artikel kamu sebagai tulisan yang berkualitas.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu tulisan.
Ragam Keyword ini menjadikan tulisan kalian menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan tulisan unik dan mampu bersaing menempati page one. Seperti pada artikel yang admin buat ini, saya mengutip konten rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik memakai alat keren ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang kita buat pada postingan ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu bagus, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan memakai trik optimasi on-page postingan anda hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, ditambah si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah konten yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kawan dapat segera bersaing di SERP.
Banyak tips-tips mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini adalah trik membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling mendasar dari sebuah situs yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena selain kendali kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan respon user ketika mereka surfing situs kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing user, walaupun tidak menggunakan produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun teknik penulisan tulisan SEO Kawan, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina
- Penulisan yang benar
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Template yang Responsive
Inti dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.
2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel
Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Biasanya blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Seo Friendly
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku intinya kata pada pencarian supaya tetap utuh.
3. Gunakan Judul yang Clickbait
Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan artikel asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibuat menjadi title yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Kalau sobat user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini tetap enak dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine seringnya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul sobat kaku dan kurang menarik saat dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak murahan.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat tambah panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin di awal, melihat dari pengalaman pengguna.
Jika Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu tersebut tidak akan efektif.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Maksud saya yaitu tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya topik yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Gunakan Internal Linking dalam artikel
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link tiap konten malah membantu user sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per postingan ? Banyak.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai
Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir ranking webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kamu untuk web-web authority yang relevan dengan topik artikel, maka memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web anda. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs kamu sebagai blogs yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

External link ke situs yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat external link, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kalian merekomendasikan produk/jasa).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup pintar untuk menilai kualitas untuk sebuah artikel.
sobat malah harus berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Contoh, kawan lagi membuat trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi sobat dapat menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lagi kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kamu bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol pada artikel kita.
Namun dalam kenyataannya, pemilik website yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya cuma pada kata yang diinginkan saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk sisi user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung bingung dan langsung pergi akibat konten yang dilihat kelihatan tidak profesional.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna pokok paling penting pada suatu halaman website.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.
Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 merupakan gagasan utama suatu postingan.
11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama artikel itu.
Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan menjadi tidak readable.
Agar lebih mudah, kamu bisa memasukkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine nah saat membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel yang tadi kita buat.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke mesin yang bekerja indeking pada halaman itu.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kamu memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak sama dengan gambar yang kamu download itu. Kalau bisa, anda juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan image agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .
14. Isi Media ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang sobat berikan, semakin besar peluang Google mendeteksi artikel kamu sebagai tulisan yang berkualitas.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu tulisan.
Ragam Keyword ini menjadikan tulisan kalian menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan
Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan tulisan unik dan mampu bersaing menempati page one. Seperti pada artikel yang admin buat ini, saya mengutip konten rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik memakai alat keren ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang kita buat pada postingan ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu bagus, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan memakai trik optimasi on-page postingan anda hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, ditambah si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah konten yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kawan dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense"
Catat Ulasan