12 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Cara menulis artikel di internet memang beragam. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang baik. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.

Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah expired, namun sebab masih merajai di page one masih digunakan. Banyak faktor yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini merupakan tips membuat tulisan yang dijamin dapat masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu artikel yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dibuat buat.

Mungkin sobat bisa memanipulasi backlink atau judul yang klikable tapi,, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user ketika mereka surfing blog kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Analoginya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, walaupun tidak memakai produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun trik penulisan artikel SEO Anda, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Biasanya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak murahan.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat kuat juga rangking di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.

Kalau kamu bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras membuat konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut kurang berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menyimpulkan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang kamu bahas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link per post malah membantu user sebaiknya buat saja.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kalau ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten maka jangan dengarkan, pasti yang memberi tips tidak update ilmu SEOnya.

Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Relevan


Newbie biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir peringkat webnya turun jika memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link anda ke web-web authority yang relevan dengan isi konten, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Malah sebaliknya, Google akan melihat web kalian sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan menjual produk/jasa).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kamu tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk sebuah postingan.

kamu malah harus waspada kalau tingginya keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, kamu sedang membuat trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, maka anda dapat menambahkan kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lagi jika sobat menuju keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau sobat dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. sobat juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.

Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk sisi user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca tidak suka dan langsung pergi akibat tulisan yang dilihat kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan ide paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.

Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, sobat bisa menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 12 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari tulisan pada search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke robot yang melakukan indeking pada tulisan tersebut.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika kalian menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu merubah judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak sama dengan image yang sobat unduh itu. Kalau perlu, kamu juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.

14. Isi Media ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan ulas, semakin besar peluang Google mendeteksi konten kamu menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang cocok.

Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara terpisah di satu artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan artikel sobat jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang canggih


Membuat tulisan adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu bisa membuat ribuan tulisan bukan copas dan mampu bersaing di pejwan. Seperti pada artikel yang saya buat ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai tool canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat kamu membuat konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada konten ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk mencari perhatian search engine itu bagus, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan memakai trik optimasi on-page artikel kawan hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin pintar, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu dapat merajai page one.

0 Response to "12 Cara Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel