16 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Cara penulisan konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Banyak trik tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya bisa dipakai dan ada beberapa bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini merupakan tips menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu artikel adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 16 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka surfing website sobat. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir semua aktivitas browsing user, meski tanpa memakai produk mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun tips menulis artikel SEO Sobat, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Namun poin ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 16 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Fenomena yang sering terjadi di website-website lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten karena menyesuaikan dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung


Misalnya contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam membuat judul tulisan sebab jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi not readable dan kaku ketika dibaca. Tapi jika dibuat menjadi judul yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Kalau sobat pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 16 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau judul kamu terlalu fokus pada keyword dan tidak menarik ketika dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika Anda bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika Anda hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu kurang efisien.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar inti yang kamu sampaikan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap artikel ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link per post malah memudahkan pengunjung sebaiknya buat saja.

 16 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post maka abaikan saja, pasti yang ngasih tips tidak update pengalaman SEOnya.

Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai


Newbie seringnya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir ranking blognya jatuh jika memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link sobat ke web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kalian. Pengaruhnya, Google akan melihat web anda sebagai web yang keren karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

 16 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama kawan menjual sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang cocok untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk menilai kualitas untuk suatu artikel.

kawan malah harus berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu sering, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 16 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, kalian sedang membuat trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kawan dapat menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 16 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Serupa di atas, jika kawan menembak keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika kamu bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kawan juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di tulisan kamu.

Namun yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kamu bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan gagasan paling penting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, kawan dapat menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau user wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 16 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian nah saat mengunjungi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika googling di search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada mesin yang bekerja indeking pada tulisan itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau kalian menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak sama dengan gambar yang sobat unduh tersebut. Jika bisa, kamu juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Isi Ilustrasi ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kalian sebagai konten yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang relevan.

Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah pada satu artikel.

Inonasi Keyword ini membuat postingan kamu menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan kuat bersaing di page one. Seperti pada konten yang saya buat ini, kita melansir konten rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada konten ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan konten yang SEO friendly guna mencari visitor itu diinginkan oleh pembuat website, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog anda. Namun jangan memakai trik optimasi on-page konten kalian hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma bot engine telah semakin tidak terbantahkan, ditambah mesin pencari Google memakai berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah konten yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan anda bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel