Cara penulisan konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.
Banyak trik tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya dapat diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.
Dibuat master Seo, di bawah ini adalah cara menulis artikel yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kami masukkan dalam poin dasar karena saya anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kawan bisa menciptakan backlink atau konten yang clickbait namun,, user experience mustahil dimanipulasi karena diluar kendali kamu selaku pemilik web. So, tidak salah jika UX menjadi salah satu hal penting yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi website sobat. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Simpelnya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, walaupun tanpa menggunakan properti mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun trik menulis tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai ratu.
2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen
Memasukkan keyword kudu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Biasanya situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.
Kalau Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar menulis tulisan panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.
Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Yang dimaksud adalah artikel yang tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menemukan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar poin yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.
5. Pakai Internal Linking dalam tulisan
Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan
Newbie biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir ranking webnya turun kalau membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap web kawan sebagai web yang keren karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik artikel juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (seumpama anda merekomendasikan produk/jasa).
7. Jangan Takut jumlah Keyword Density
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu artikel.
kamu malah harus waspada jika persentase keyword density terlalu sering, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, kalian sedang menulis trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kawan bisa memberi kata kata yang memiliki arti serupa misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lain jika sobat membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau sobat dapat mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. sobat juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline
Trik yang telah dikenal oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada artikel kamu.
Namun pada kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.
Mungkin itu dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun untuk sisi pengalaman pengguna, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca tidak suka dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat membingungkan.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mementingkan sisi pengalaman pengguna.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan elemen-elemen terpenting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang dijadikan topik utama artikel tersebut.
Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel kurang seni.
Agar lebih mudah, sobat bisa menempatkan keyword kalian di meta deskripsi untuk user wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika membuka situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari artikel di search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca konten kita.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke bot yang melakukan indeking di artikel yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika kalian memakai image dari Google, jangan lupa untuk mengganti judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kalian tidak sama dengan gambar yang anda unduh tersebut. Jika bisa, sobat juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa memberatkan loading web .
14. Isi Media ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang sobat berikan, tambah besar kemungkinan Google mengindek tulisan kawan menjadikannya postingan yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang relevan.
Selain itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar konten.
Ragam Keyword ini menjadikan konten kamu menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih
Menciptakan konten adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan artikel unik dan mampu bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang admin posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik memakai alat keren ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi pertahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika sobat membuat artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada tulisan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel artikel yang SEO friendly untuk menarik perhatian search engine itu bagus, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page konten kamu hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan