16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Metode penulisan konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga telah expired, namun hanya akibat masih ada di page one tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dibuat master Seo, berikut ini adalah tips membuat tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu penulisan adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Mungkin kamu bisa menggenerate backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu hal penting yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan respon user saat mereka mengunjungi blog milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing kamu, walaupun tidak memakai produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun trik penulisan tulisan SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Ini perlu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Seringnya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada judul artikel.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga rangking di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, melihat dari user experiencenya.

Jika kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda bersikeras membuat artikel panjang hanya untuk memenuhi target SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu kurang berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara mendalam.

Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar poin yang anda bahas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca kawan maka silahkan saja.

 16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Lihat Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink website per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Sesuai


Newbie seringnya takut memberikan external linking. Karena khawatir peringkat webnya jatuh jika memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kalian ke web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web anda. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web kamu sebagai situs yang keren karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

 16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link ke situs yang berkaitan dengan isi artikel juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau anda mengenalkan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari sebuah tulisan.

sobat malah kudu berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, kamu sedang menulis tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Serupa di atas, jika anda membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika anda dapat memasukkan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kamu juga dapat memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI anda bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting di artikel kita.

Tapi pada kenyataannya, penulis yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi dari segi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung bingung dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. sobat dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan ide terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu halaman.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama tulisan itu.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan kurang indah.

Agar tidak menggangu, kamu dapat memasukkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Penempatan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika mendatangi situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke bot yang bekerja crawling pada konten tersebut.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kawan memakai gambar berasal dari Google, sebaiknya merubah nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kalian tidak sama dengan gambar yang sobat download itu. Jika perlu, sobat juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit editan image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa memberatkan loading web .

14. Isi Media ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan berikan, tambah besar kemungkinan Google mengindek tulisan sobat sebagai postingan yang berkualitas.

Menurut dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar artikel.

Ragam Keyword ini menjadikan konten kawan jadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih


Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan tulisan bukan copas dan siap bertahan di pejwan. Seperti pada artikel yang admin posting ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai alat supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan harus membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat kamu menciptakan artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang kita buat pada postingan ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel postingan yang SEO friendly guna mencari perhatian search engine itu wajar, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kamu cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google memakai berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda dapat merajai page one.

0 Response to "16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel