Bagaimana Tips Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Adsense
Isnin, 18 Februari 2019
Add Comment
Teknik penulisan konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.
Mudah ditemukan trik mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada trik bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.
Dari pakar Seo, di bawah ini adalah tips menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam suatu artikel adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.

Karena sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kita. So, tidak salah kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user saat mereka mengunjungi situs sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, semakin lama dan enjoy mereka di website, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing sobat, meski tidak menggunakan alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun trik penulisan tulisan SEO Anda, kalau tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :
Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.
Ini wajib dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya situs dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.
Seperti contoh judul di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam membuat title konten sebab kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan sulit terbaca dan kaku saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Bagi kamu user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul tulisan. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari pencarian seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Kalau judul kamu tidak jelas dan kurang nyaman dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.
Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.
Jika Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda bersikeras membuat artikel panjang hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu kurang efektif.
Maksud admin adalah konten yang tidak hanya panjang , namun juga berisi tema secara mendalam.
Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang anda bahas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink website per artikel ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut ranking webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web sobat sebagai web yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk web-web affiliate (jika kamu merekomendasikan sesuatu).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk sebuah artikel.
kalian malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Misal, kawan sedang membuat tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi kata kata yang mempunyai arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

Contoh lagi kalau kalian menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika anda dapat memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. anda juga dapat menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kamu.
Namun pada prakteknya, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Memang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung bingung dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan gagasan terpenting pada suatu konten.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.
Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu konten.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel menjadi tidak readable.
Agar lebih mudah, sobat bisa menempatkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca konten kita.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada bot yang bekerja indeking di halaman tersebut.
Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika kalian menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image anda tidak sama dengan gambar yang sobat unduh tersebut. Kalau bisa, kamu juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web .
Tambah menarik informasi yang anda ulas, semakin besar peluang Google mengindek tulisan kalian menjadikannya postingan yang mantap di pejwan.
Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang relevan.
Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah pada satu artikel.
Ragam Keyword ini menjadikan postingan kalian jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mampu bertahan menempati page one. Misalnya pada tulisan yang admin posting ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik memakai tool keren ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat sobat membuat tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang admin buat pada postingan ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly untuk menarik perhatian bot engine itu diinginkan oleh pembuat website, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page konten sobat hanya semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin modern, ditambah si raksasa Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kamu dapat merajai page one.
Mudah ditemukan trik mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada trik bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.
Dari pakar Seo, di bawah ini adalah tips menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam suatu artikel adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kita. So, tidak salah kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user saat mereka mengunjungi situs sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, semakin lama dan enjoy mereka di website, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing sobat, meski tidak menggunakan alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun trik penulisan tulisan SEO Anda, kalau tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina
- Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.
2. Pakai Keyword di Judul Artikel
Ini wajib dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya situs dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Clickable
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.
3. Pakailah Judul yang Clickbait
Seperti contoh judul di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam membuat title konten sebab kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan sulit terbaca dan kaku saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Bagi kamu user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul tulisan. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari pencarian seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Kalau judul kamu tidak jelas dan kurang nyaman dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.
Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.
Jika Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda bersikeras membuat artikel panjang hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu kurang efektif.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Maksud admin adalah konten yang tidak hanya panjang , namun juga berisi tema secara mendalam.
Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang anda bahas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Isi Internal Linking dalam konten
Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah ideal internal link tiap kontennya ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink website per artikel ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan
Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut ranking webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web sobat sebagai web yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk web-web affiliate (jika kamu merekomendasikan sesuatu).
7. Hitung Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk sebuah artikel.
kalian malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Misal, kawan sedang membuat tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi kata kata yang mempunyai arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

Contoh lagi kalau kalian menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika anda dapat memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. anda juga dapat menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kamu.
Namun pada prakteknya, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Memang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung bingung dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan gagasan terpenting pada suatu konten.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.
Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu konten.
11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel menjadi tidak readable.
Agar lebih mudah, sobat bisa menempatkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca konten kita.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada bot yang bekerja indeking di halaman tersebut.
Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika kalian menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image anda tidak sama dengan gambar yang sobat unduh tersebut. Kalau bisa, kamu juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web .
14. Tambahkan Gambar ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang anda ulas, semakin besar peluang Google mengindek tulisan kalian menjadikannya postingan yang mantap di pejwan.
Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang relevan.
Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah pada satu artikel.
Ragam Keyword ini menjadikan postingan kalian jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat creator konten yang modern
Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mampu bertahan menempati page one. Misalnya pada tulisan yang admin posting ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik memakai tool keren ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat sobat membuat tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang admin buat pada postingan ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly untuk menarik perhatian bot engine itu diinginkan oleh pembuat website, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page konten sobat hanya semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin modern, ditambah si raksasa Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kamu dapat merajai page one.
0 Response to "Bagaimana Tips Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Adsense"
Catat Ulasan