10 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly, Kamu Sudah Coba
Isnin, 18 Februari 2019
Add Comment
Teknik menulis konten website banyak tersedia di google. Banyak orang sharing cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.
Seringkali tulisan yang dibagikan juga telah outdated, tetapi karena masih merajai di pencarian masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru diposting
Dibuat master Seo, berikut ini adalah tips menulis artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling penting dari suatu website adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kawan dapat menggenerate backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab diluar kontrol kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi website sobat. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir seluruh aktivitas browsing sobat, walaupun tidak menggunakan properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun tips pembuatan artikel SEO Anda, kalau tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak.
Konten yang berkualitas adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
Fokus dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.
Ini perlu dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya situs lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten karena melihat dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Namun kalau dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Tidak sulit jika kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari search engine biasanya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga rangking di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari user experiencenya.
Kalau kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut tidak akan efisien.
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar inti yang anda sampaikan dapat lebih luas dan lengkap.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

Jika ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih tips tidak update pengalaman SEOnya.
Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, total interlink website per page ? Banyak.
Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir peringkat blognya jatuh jika memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kalian untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs kalian sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kamu mengenalkan sesuatu).
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kawan tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mendeteksi nilai dari suatu tulisan.
kawan malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, kamu sedang menulis tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi kalian dapat memberi kata kata mempunyai maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lagi jika kawan membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau kawan bisa memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. sobat juga bisa memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Terlihat biasa namun salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di artikel kamu.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari segi user experience, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca sakit mata dan langsung pergi karena konten yang dibaca membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. sobat dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan gagasan terpenting pada suatu tulisan.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu konten.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama artikel itu.
Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan menjadi tidak readable.
Agar tidak menggangu, kamu bisa menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk user wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian nah saat membuka blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat mencari tulisan di mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan membaca konten yang sudah dibuat.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar pada robot yang bekerja crawling di tulisan itu.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kawan memakai gambar dari Google, sebaiknya mengganti judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak duplikat dengan gambar yang kamu download itu. Kalau harus, kalian juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar supaya file image itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .
Semakin kaya informasi yang kamu berikan, semakin besar peluang Google mendeteksi artikel kalian sebagai postingan yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu artikel.
Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan kalian jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan konten unik dan kuat bersaing menempati page one. Seperti pada konten yang saya posting ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik menggunakan alat canggih ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang kita buat pada artikel ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk mencari perhatian search engine itu wajar, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page postingan anda cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin modern, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah artikel yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten sobat dapat segera bersaing di SERP.
Seringkali tulisan yang dibagikan juga telah outdated, tetapi karena masih merajai di pencarian masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru diposting
Dibuat master Seo, berikut ini adalah tips menulis artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling penting dari suatu website adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kawan dapat menggenerate backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab diluar kontrol kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi website sobat. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir seluruh aktivitas browsing sobat, walaupun tidak menggunakan properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun tips pembuatan artikel SEO Anda, kalau tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak.
Konten yang berkualitas adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Responsive design
Fokus dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.
2. Pakai Keyword di Judul Tulisen
Ini perlu dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya situs lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang baik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten karena melihat dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung
Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Namun kalau dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Tidak sulit jika kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari search engine biasanya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga rangking di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari user experiencenya.
Kalau kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut tidak akan efisien.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar inti yang anda sampaikan dapat lebih luas dan lengkap.
5. Pakai Internal Linking dalam konten
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

Jika ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih tips tidak update pengalaman SEOnya.
Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, total interlink website per page ? Banyak.
Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Relevan
Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir peringkat blognya jatuh jika memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kalian untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs kalian sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kamu mengenalkan sesuatu).
7. Relax dengan Keyword Density
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kawan tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mendeteksi nilai dari suatu tulisan.
kawan malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, kamu sedang menulis tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi kalian dapat memberi kata kata mempunyai maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lagi jika kawan membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau kawan bisa memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. sobat juga bisa memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa namun salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di artikel kamu.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari segi user experience, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca sakit mata dan langsung pergi karena konten yang dibaca membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. sobat dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan gagasan terpenting pada suatu tulisan.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu konten.
11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama artikel itu.
Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan menjadi tidak readable.
Agar tidak menggangu, kamu bisa menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk user wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian nah saat membuka blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat mencari tulisan di mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan membaca konten yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt pada Gambar
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar pada robot yang bekerja crawling di tulisan itu.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kawan memakai gambar dari Google, sebaiknya mengganti judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak duplikat dengan gambar yang kamu download itu. Kalau harus, kalian juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar supaya file image itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .
14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kamu berikan, semakin besar peluang Google mendeteksi artikel kalian sebagai postingan yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu artikel.
Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan kalian jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan
Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan konten unik dan kuat bersaing menempati page one. Seperti pada konten yang saya posting ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik menggunakan alat canggih ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang kita buat pada artikel ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk mencari perhatian search engine itu wajar, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page postingan anda cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin modern, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah artikel yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten sobat dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "10 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly, Kamu Sudah Coba"
Catat Ulasan