Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Adsense
Isnin, 18 Februari 2019
Add Comment
Metode penulisan konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.
Banyak trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya bisa digunakan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.
Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini merupakan tips membuat tulisan yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kami tuliskan dalam poin paling penting karena kita pastikan sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kawan dapat memanipulasi backlink atau konten yang klikable tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab diluar kontrol kamu sebagai pemilik web. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari UX di sini adalah aktivitas dan respon user saat mereka surfing blog sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing kamu, meski tanpa menggunakan produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun teknik pembuatan artikel SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya yaitu :
Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.
Ini wajib dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Memasukkan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Umumnya yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus sebenarnya kata pada pencarian agar tetap utuh.
Seperti contoh kasus di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam menyusun ide konten sebab kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi not readable dan aneh saat dibaca. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Mungkin sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini masih nyaman dilihat karena nantinya pengunjung dari pencarian seringnya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Jika judul Anda tidak jelas dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak bermutu.
Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.
Banyak yang berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika kamu bersikeras membuat konten panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Yang dimaksud yaitu konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu bahas dapat lebih mengena dan lengkap.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Karena khawatir ranking webnya turun kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda untuk web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap web kamu sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan merekomendasikan produk/jasa).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kamu tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai untuk sebuah artikel.
kawan malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, kawan lagi membuat tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti serupa misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Serupa di atas, kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika sobat dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kalian juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di tulisan kita.
Namun pada kenyataannya, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca silau dan langsung pergi karena artikel yang dibaca aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat ide paling penting pada suatu halaman website.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan topik utama konten tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel tidak artistik.
Agar tidak menggangu, kawan bisa menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi kalau user wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat mencari tulisan di search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan membaca konten yang tadi kita buat.
Google tidak bisa membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke bot yang melakukan crawling di tulisan itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.
Tips:
Kalau kamu memakai image dari Google, terlebih dahulu mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak duplikat dengan image yang anda download tersebut. Jika harus, kawan juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit potongan image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.
Semakin kaya informasi yang kawan sajikan, semakin mantap peluang Google mengindek artikel kalian menjadikannya postingan yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang relevan.
Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu tulisan.
Inonasi Keyword ini membuat postingan sobat jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan konten adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mampu bertahan menempati pejwan. Seperti pada artikel yang saya buat ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai tool supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat kamu membuat konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang saya lakukan pada postingan ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly untuk menarik perhatian search engine itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan kalian cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kalian dapat merajai page one.
Banyak trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya bisa digunakan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.
Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini merupakan tips membuat tulisan yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kami tuliskan dalam poin paling penting karena kita pastikan sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Tentu sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kawan dapat memanipulasi backlink atau konten yang klikable tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab diluar kontrol kamu sebagai pemilik web. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari UX di sini adalah aktivitas dan respon user saat mereka surfing blog sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing kamu, meski tanpa menggunakan produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun teknik pembuatan artikel SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya yaitu :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Responsive design
Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.
2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel
Ini wajib dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Memasukkan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Umumnya yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Readable
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus sebenarnya kata pada pencarian agar tetap utuh.
3. Pakailah Title yang Mengundang Klik
Seperti contoh kasus di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam menyusun ide konten sebab kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi not readable dan aneh saat dibaca. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Mungkin sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini masih nyaman dilihat karena nantinya pengunjung dari pencarian seringnya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Jika judul Anda tidak jelas dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak bermutu.
Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika kamu bersikeras membuat konten panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu bahas dapat lebih mengena dan lengkap.
5. Pakai Internal Linking dalam artikel
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total internal link tiap kontennya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Sesuai
Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Karena khawatir ranking webnya turun kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda untuk web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap web kamu sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan merekomendasikan produk/jasa).
7. Relax dengan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kamu tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai untuk sebuah artikel.
kawan malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, kawan lagi membuat tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti serupa misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Serupa di atas, kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika sobat dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kalian juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di tulisan kita.
Namun pada kenyataannya, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca silau dan langsung pergi karena artikel yang dibaca aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat ide paling penting pada suatu halaman website.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan topik utama konten tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel tidak artistik.
Agar tidak menggangu, kawan bisa menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi kalau user wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat mencari tulisan di search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan membaca konten yang tadi kita buat.
13. Masukkan Attribut Alt di Image
Google tidak bisa membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke bot yang melakukan crawling di tulisan itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.
Tips:
Kalau kamu memakai image dari Google, terlebih dahulu mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak duplikat dengan image yang anda download tersebut. Jika harus, kawan juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit potongan image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.
14. Isi Ilustrasi ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kawan sajikan, semakin mantap peluang Google mengindek artikel kalian menjadikannya postingan yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang relevan.
Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu tulisan.
Inonasi Keyword ini membuat postingan sobat jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan
Menciptakan konten adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mampu bertahan menempati pejwan. Seperti pada artikel yang saya buat ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai tool supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat kamu membuat konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang saya lakukan pada postingan ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly untuk menarik perhatian search engine itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan kalian cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kalian dapat merajai page one.
0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Adsense"
Catat Ulasan