Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Teknik penulisan konten website di internet memang beragam. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Banyak trik mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya dapat diaplikasikan dan seringkali trik bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini merupakan cara menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu artikel adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
  Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab selain kendali kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu hal penting yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.

Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon user saat mereka mengunjungi blog sobat. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin berkualitas isi dari web tersebut.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir semua aktivitas browsing sobat, meski tanpa menggunakan alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sekeren apapun teknik pembuatan artikel SEO Kawan, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Ini perlu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

  Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Biasanya blog lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus karena menyesuaikan dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menyusun konten asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam title.. Namun jika dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Kalau kamu pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine terkadang melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

  Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Kalau judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula rangking di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu dapat menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu bersikeras membuat konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) admin rasa cara Anda tersebut kurang tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu bahas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link per post malah membantu pengunjung sebaiknya buat saja.

  Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Sesuai


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Akibat takut ranking blognya turun jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link sobat untuk web-web authority yang relevan dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog kamu sebagai blogs yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

  Tips Membuat Artikel SEO Friendly

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kalian merekomendasikan produk/jasa).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu tulisan.

sobat malah wajib waspada jika persentase keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

  Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, kawan lagi menulis tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi kalian bisa menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

  Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Contoh lagi kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika kamu bisa memasukkan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kalian juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.

Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang dituju saja.

Memang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor tidak suka dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. anda bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ruh terpenting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu postingan.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama artikel itu.

Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel kurang seni.

Untuk mengakalinya, sobat dapat memasukkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pengguna wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di google.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

  Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika googling pada search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image ke mesin yang melakukan indeking di artikel tersebut.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kawan memakai gambar dari Google, pastikan mengganti title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh tersebut. Kalau bisa, anda juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit editan image supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Tambahkan Media ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu isi, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi artikel kamu menjadikannya postingan yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan postingan kawan jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang modern


Membuat artikel adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan tulisan unik dan mantap bersaing di pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, saya melansir artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan tool canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi pertahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot layaknya yang saya buat pada artikel ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu bagus, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan anda cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google memakai bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah artikel yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "Tips Membuat Artikel SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel