9 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Metode menulis artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Banyak tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali beberapa bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dibuat pakar Seo, berikut ini merupakan cara menulis artikel yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu penulisan adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 9 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan bisa memanipulasi backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab selain kendali kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman user saat mereka mengunjungi website kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing user, walaupun tanpa menggunakan properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun teknik penulisan artikel SEO Sobat, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 9 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Biasanya blog dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku sebenarnya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik


Click bait terkadang dibutuhkan untuk menyusun artikel asal tidak over. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Bagi sobat user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 9 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak kaleng kaleng.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka membuat baik pula rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika Anda bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu hanya berputar putar menulis konten panjang cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu kurang efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara mendalam.

Atau istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya tema yang anda bahas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap artikel malah membantu user sebaiknya buat saja.

 9 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir Serp webnya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kawan untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web anda. Pengaruhnya, Google akan melihat web sobat sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 9 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama sobat menjual produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu artikel.

sobat malah wajib waspada jika tingginya keyword density terlalu sering, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 9 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Misal, anda sedang menulis tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kawan dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 9 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Contoh lagi jika sobat menembak keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika kamu bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. anda juga bisa memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kamu.

Namun yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada kata yang di bidik saja.

Memang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi untuk user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain akibat artikel yang dibaca membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat pokok paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek konten dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama artikel itu.

Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, kamu dapat menyisipkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk user wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 9 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat membuka blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang melakukan indeking di artikel tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika anda memakai image dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar anda tidak sama dengan gambar yang kalian unduh itu. Kalau harus, anda juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda isi, semakin mantap kemungkinan Google mengindek konten sobat sebagai tulisan yang berkualitas.

Menurut dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat konten sobat jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang modern


Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mantap bertahan di pejwan. Seperti pada konten yang saya posting ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik menggunakan tool supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu membuat artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada postingan ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Namun jangan memakai cara optimasi on-page postingan kamu hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kawan bisa merajai page one.

0 Response to "9 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel