16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Teknik menulis konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Seringkali artikel yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih ada di pencarian masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru diposting

Dari ahli Seo, di bawah ini merupakan cara menulis artikel yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini saya masukkan sebagai poin dasar karena admin pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.

Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan respon pengguna ketika mereka menjelajahi situs sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di website, maka makin menarik isi dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir semua aktivitas browsing pembaca, walaupun tanpa memakai properti google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sehebat apapun trik penulisan artikel SEO Kawan, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Biasanya situs dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga peringkatnya di search engine.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika Anda bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau kamu hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara Anda itu tidak akan efektif.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang anda sampaikan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca kamu maka silahkan saja.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, pasti yang ngasih trik kurang update ilmu SEOnya.

Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Relevan


Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat khawatir Serp webnya turun jika membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog anda sebagai blogs yang keren karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi artikel juga memudahkan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau kamu menjual sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas dari sebuah artikel.

anda malah wajib waspada jika tingginya keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, kawan sedang menulis trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi kalian bisa menambahkan kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Serupa di atas, kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika anda bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kawan juga dapat memasukkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada artikel kamu.

Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung silau dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dilihat aneh.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. sobat bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk gagasan terpenting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama konten tersebut.

Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya membuat artikel menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, kawan dapat memasukkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pengguna wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet pada google.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika googling di search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada robot yang melakukan indeking pada artikel yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kawan menggunakan gambar berasal dari Google, sebaiknya mengganti title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak duplikat dengan image yang kalian download itu. Jika bisa, kawan juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Tambahkan Gambar ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu isi, tambah mantap kemungkinan Google mengindek artikel kamu sebagai artikel yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu konten.

Variasi Keyword ini membuat artikel kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan mantap bersaing menempati page one. Misalnya pada konten yang saya posting ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik menggunakan alat keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada konten ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna mencari perhatian search engine itu bagus, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page konten sobat cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kamu dapat merajai page one.

0 Response to "16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel