9 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar
Rabu, 27 Februari 2019
Add Comment
Metode penulisan artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.
Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, namun karena masih merajai di pejwan tetap digunakan. Banyak faktor yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru diposting
Dibuat ahli Seo, berikut ini adalah cara menulis artikel yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling mendasar dari sebuah website yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu sangat susah dibuat buat.
Mungkin kawan bisa membuat backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca situs kamu. So, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka menjelajahi website kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Simpelnya, tambah lama dan betah mereka di website, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tanpa menggunakan alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sehebat apapun cara menulis tulisan SEO Kawan, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :
Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.
Memasukkan keyword harus dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku sebenarnya kata pada pencarian supaya tetap utuh.
Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika membuat ide artikel sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi tidak terbaca dan aneh saat dibaca. Tapi jika dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Solusi untuk hal itu.
Mungkin Anda pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine biasanya melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul sobat tidak jelas dan tidak menarik ketika dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak bermutu.
Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.
Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin baik juga peringkatnya di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau kamu dapat menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda bersikeras membuat tulisan panjang cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda itu kurang efektif.
Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menemukan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca kawan maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya abaikan saja, pasti yang memberi trik kurang update pengalaman SEOnya.
Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink mereka per halamannya ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut ranking webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.
Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kalian ke web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat blog kamu sebagai blogs yang terpercaya karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kalian menjual sesuatu).
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya sobat tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari suatu postingan.
kamu malah kudu waspada kalau seringnya keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, kalian sedang membuat tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi kamu bisa menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Contoh lagi kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kalian dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. sobat juga dapat menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting pada tulisan kita.
Tapi pada kenyataannya, penulis yang memakainya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung silau dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dilihat kelihatan amatir.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya digunakan pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk gagasan terpenting pada suatu konten.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama artikel tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan tidak artistik.
Untuk mengakalinya, sobat dapat menempatkan keyword kamu di meta deskripsi kalau user wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.
Peletakan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari tulisan di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan membaca konten kita.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada robot yang melakukan crawling di konten itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kalian memakai image berasal dari Google, sebaiknya merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kawan tidak duplikat dengan image yang kamu download tersebut. Kalau harus, sobat juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.
Semakin kaya informasi yang kawan ulas, semakin mantap kemungkinan Google mengindek konten sobat menjadikannya postingan yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar konten.
Ragam Keyword ini menjadikan artikel kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan kuat bertahan menempati page one. Misalnya pada artikel yang admin posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik memakai alat canggih ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada postingan ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan konten yang SEO friendly guna menarik perhatian bot engine itu bagus, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten kamu cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah tulisan yang meningkatkan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kawan dapat segera bersaing di SERP.
Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, namun karena masih merajai di pejwan tetap digunakan. Banyak faktor yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru diposting
Dibuat ahli Seo, berikut ini adalah cara menulis artikel yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling mendasar dari sebuah website yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu sangat susah dibuat buat.
Mungkin kawan bisa membuat backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca situs kamu. So, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka menjelajahi website kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Simpelnya, tambah lama dan betah mereka di website, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tanpa menggunakan alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sehebat apapun cara menulis tulisan SEO Kawan, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.
2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel
Memasukkan keyword harus dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Readable
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku sebenarnya kata pada pencarian supaya tetap utuh.
3. Gunakan Title yang Mengundang Klik
Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika membuat ide artikel sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi tidak terbaca dan aneh saat dibaca. Tapi jika dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Solusi untuk hal itu.
Mungkin Anda pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine biasanya melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul sobat tidak jelas dan tidak menarik ketika dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak bermutu.
Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin baik juga peringkatnya di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau kamu dapat menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda bersikeras membuat tulisan panjang cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda itu kurang efektif.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menemukan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Gunakan Internal Linking dalam artikel
Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah internal link tiap kontennya ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca kawan maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya abaikan saja, pasti yang memberi trik kurang update pengalaman SEOnya.
Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink mereka per halamannya ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site yang Relevan
Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut ranking webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.
Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kalian ke web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat blog kamu sebagai blogs yang terpercaya karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kalian menjual sesuatu).
7. Hitung Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya sobat tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari suatu postingan.
kamu malah kudu waspada kalau seringnya keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, kalian sedang membuat tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi kamu bisa menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Contoh lagi kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kalian dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. sobat juga dapat menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting pada tulisan kita.
Tapi pada kenyataannya, penulis yang memakainya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung silau dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dilihat kelihatan amatir.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya digunakan pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan segi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk gagasan terpenting pada suatu konten.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.
11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama artikel tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan tidak artistik.
Untuk mengakalinya, sobat dapat menempatkan keyword kamu di meta deskripsi kalau user wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.
Peletakan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari tulisan di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan membaca konten kita.
13. Memberi Attribut Alt di Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada robot yang melakukan crawling di konten itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kalian memakai image berasal dari Google, sebaiknya merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kawan tidak duplikat dengan image yang kamu download tersebut. Kalau harus, sobat juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.
14. Pengunaan Gambar ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kawan ulas, semakin mantap kemungkinan Google mengindek konten sobat menjadikannya postingan yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar konten.
Ragam Keyword ini menjadikan artikel kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan
Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan kuat bertahan menempati page one. Misalnya pada artikel yang admin posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik memakai alat canggih ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada postingan ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan konten yang SEO friendly guna menarik perhatian bot engine itu bagus, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten kamu cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah tulisan yang meningkatkan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kawan dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "9 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan