16 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Teknik penulisan artikel banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi trik menulis artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, tetapi hanya akibat masih merajai di pencarian masih digunakan. Banyak hal yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting

Dari ahli Seo, di bawah ini merupakan trik menulis artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari sebuah website yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 16 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat sebab diluar kendali kamu sebagai pemilik web. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine mereka.

Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi blog kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang user klik, dan sebagainya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh aktivitas browsing sobat, meski tanpa menggunakan alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun trik penulisan tulisan SEO Anda, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Ini harus dilakukan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada title adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 16 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Kejadian yang sering terjadi di situs lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus intinya kata pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Gunakan Title yang Merangsang Pengunjung


Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Namun kalau dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Bagi Anda user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini masih enak dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

 16 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Jika judul sobat tidak jelas dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di search engine.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika kamu bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika Anda bersikeras membuat konten dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda tersebut kurang efisien.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara mendalam.

Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

 16 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post maka biarkan saja, pasti yang ngasih saran tidak update ilmu SEOnya.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink website per page ? Banyak.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar yang Sesuai


Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir Serp blognya turun jika memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kawan ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs anda sebagai web yang keren karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 16 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

External link ke situs yang berkaitan dengan isi artikel juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau kalian menjual sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk artikel yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai untuk suatu tulisan.

anda malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, kamu sedang membuat tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi kalian dapat memberi kata kata yang mempunyai arti serupa misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 16 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Contoh lagi kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika kamu bisa memasukkan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kalian juga bisa menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di tulisan kita.

Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya secara berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Memang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca silau dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dibaca aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. sobat dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan pokok terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama konten itu.

Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya membuat postingan kurang seni.

Agar lebih mudah, sobat bisa menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk user wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 16 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat mencari tulisan di search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tergoda untuk membuka dan membaca artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang bekerja crawling di konten tersebut.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau anda memakai image berasal dari Google, pastikan mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kamu tidak sama dengan gambar yang sobat unduh itu. Jika perlu, kawan juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan image agar file image tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Isi Gambar ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu berikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi artikel kawan menjadikannya postingan yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar artikel.

Variasi Keyword ini membuat tulisan kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan konten bukan copas dan mampu bersaing menempati pejwan. Seperti pada tulisan yang kita buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik menggunakan tool keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat kamu membuat konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu baik, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel kamu hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma bot engine sudah semakin canggih, apalagi si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel