16 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Teknik penulisan artikel di internet memang beragam. Banyak orang sharing trik menulis artikel yang baik. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Banyak trik mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada beberapa bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dari pakar Seo, berikut ini adalah tips menulis tulisan yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kita tuliskan sebagai poin paling penting karena saya anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab diluar kontrol kamu selaku penulis konten. So, tidak heran jika inilah salah satu hal penting yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine milik google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna saat mereka surfing situs sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, itu artinya makin menarik konten dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing user, meski tidak memakai properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun tips menulis artikel SEO Anda, kalau tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang unik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua judul agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 16 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Seringnya blog lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak kaleng kaleng.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.

Kalau kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu hanya berputar putar menulis konten panjang hanya agar memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah artikel yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara mendalam.

Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar topik yang anda bahas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap artikel ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link per post malah memudahkan pembaca sebaiknya buat saja.

 16 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya abaikan saja, pasti yang ngasih trik kurang update ilmu SEOnya.

Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar yang Sesuai


Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir peringkat blognya turun kalau membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google akan melihat situs kalian sebagai situs yang keren karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

 16 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik artikel juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (jika anda menjual produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk menilai nilai untuk sebuah postingan.

kawan malah wajib waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 16 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Contoh, kawan lagi membuat trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi kamu dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

 16 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Serupa di atas, kalau anda membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kamu dapat memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. sobat juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting pada tulisan kamu.

Namun dalam prakteknya, pemilik website yang memakainya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan visitor sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dilihat aneh.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. anda bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk pokok terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu artikel.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan kurang seni.

Agar lebih mudah, kamu bisa menempatkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk user wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 16 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika googling di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image ke mesin yang melakukan crawling di konten yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau kawan memakai image berasal dari Google, pastikan mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak sama dengan gambar yang kalian download tersebut. Kalau bisa, kamu juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit sayatan gambar supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian ulas, semakin besar peluang Google mendeteksi konten kawan sebagai konten yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada satu artikel.

Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan kalian menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Membuat artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan artikel unik dan kuat bertahan menempati page one. Seperti pada tulisan yang kita posting ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik menggunakan tool supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat membuat konten dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada konten ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly untuk menarik perhatian bot engine itu baik, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan sobat cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah konten yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kalian dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel