10 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Teknik penulisan konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, tetapi karena masih merajai di pejwan masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dibuat master Seo, di bawah ini merupakan trik menulis artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini saya tuliskan dalam poin paling penting karena kita anggap sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 10 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Mungkin kamu bisa memanipulasi backlink atau tulisan yang clickbait tapi,, user experience mustahil dimanipulasi karena diluar kontrol kamu sebagai penulis konten. So, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine milik google.

Arti dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon user saat mereka menjelajahi website kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang user klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, walaupun tidak menggunakan produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips pembuatan artikel SEO Kawan, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 10 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga rangking di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika kamu bisa membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis konten panjang cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda tersebut kurang tepat.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi tema secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menemukan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar inti yang kamu ulas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

 10 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten maka abaikan saja, sudah ketinggalan bro.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per postingan ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Karena takut ranking blognya turun kalau membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kalian untuk web-web authority yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google akan menganggap web sobat sebagai situs yang keren karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

 10 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke web-web yang sesuai dengan topik ulasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama kalian menjual produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai dari suatu artikel.

kamu malah wajib waspada kalau tingginya keyword density over, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 10 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kawan lagi menulis tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi kata kata yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

 10 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lagi kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau kalian bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kamu juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik ampuh yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting di artikel kamu.

Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada kata yang diinginkan saja.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi dari pengalaman pengguna, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dibaca aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kamu dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan pokok terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu konten.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.

Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya membuat postingan kurang indah.

Untuk mengakalinya, kalian dapat memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pengguna wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di google.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 10 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat mendatangi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika mencari tulisan di search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada bot yang melakukan indeking pada konten yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Biasanya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kamu menggunakan gambar dari Google, sebaiknya merubah judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang sobat unduh tersebut. Jika perlu, kawan juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit editan gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Media ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu isi, tambah besar peluang Google mendeteksi artikel kalian menjadikannya artikel yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar artikel.

Inonasi Keyword ini menjadikan konten sobat menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang modern


Menciptakan artikel adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan siap bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang admin buat ini, saya melansir artikel rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan tool canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat sobat membuat konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada tulisan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu bagus, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page postingan sobat cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari sudah semakin modern, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah konten yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel