15 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Metode penulisan artikel banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi trik menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Terkadang tulisan yang dibagikan juga sudah outdated, tetapi karena masih merajai di pencarian tetap dipakai. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah tips membuat artikel yang pasti dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu penulisan yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 15 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena mereka adalah pembaca website kita. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine mereka.

Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna saat mereka mengunjungi blog kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, maka makin berkualitas konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tanpa menggunakan produk mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sekeren apapun teknik pembuatan artikel SEO Anda, jika tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 15 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Seringnya blog dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten sebenarnya kata pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik


Seperti contoh artikel di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika menyusun judul artikel sebab jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi sulit terbaca dan aneh ketika dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Bagi kamu pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian terkadang membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 15 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika judul kamu kaku dan kurang enak dibaca maka akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika Anda hanya berputar putar menulis konten panjang cuma untuk memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara Anda itu kurang efisien.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini mendapati bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar inti yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

 15 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten maka abaikan saja, pasti yang memberi saran kurang update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan


Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Karena takut ranking webnya turun jika memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog kamu sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 15 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (jika sobat merekomendasikan sesuatu).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas dari suatu tulisan.

sobat malah kudu waspada jika persentase keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 15 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Contoh, kamu lagi membuat trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kawan dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti serupa seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 15 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lain jika anda membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kamu bisa mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kawan juga bisa menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.

Tapi dalam kenyataannya, banyak yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Memang bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari sisi user experience, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung silau dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic seringnya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan gagasan paling penting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.

Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kalian bisa menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pengguna wp sering menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 15 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika membuka blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat mencari artikel di mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image ke mesin yang melakukan crawling di konten tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kawan memakai gambar berasal dari Google, pastikan merubah judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kamu tidak sama dengan image yang sobat unduh itu. Jika bisa, kamu juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit editan gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat isi, semakin besar peluang Google mendeteksi tulisan kalian sebagai postingan yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan artikel kawan jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator konten yang canggih


Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan artikel bukan copas dan kuat bertahan di pejwan. Seperti pada artikel yang kita buat ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang saya buat pada tulisan ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan konten yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan kawan cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin canggih, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kamu bisa merajai page one.

0 Response to "15 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel