16 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Teknik penulisan konten website di internet memang beragam. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga telah outdated, namun hanya akibat masih nongkrong di pencarian tetap dipakai. Banyak hal yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru diposting

Dari master Seo, di bawah ini merupakan tips menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kami masukkan dalam poin pertama karena kita anggap sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena selain kendali kita selaku pemilik web. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna saat mereka menjelajahi blog milik kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang user klik, dan sebagainya.

Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di website, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing sobat, meski tanpa menggunakan properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun tips penulisan tulisan SEO Kawan, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.

Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 16 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Biasanya situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.

Kalau Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat tulisan panjang hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda itu tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menemukan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per konten malah membantu user sebaiknya buat saja.

 16 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya biarkan saja, pasti yang memberi saran tidak update ilmu SEOnya.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Relevan


Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Karena khawatir peringkat webnya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link anda ke situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog kawan sebagai web yang bagus karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 16 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link ke web-web yang sesuai dengan isi bahasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (kalau kamu mengenalkan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari suatu postingan.

kamu malah harus waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Umpamanya, sobat lagi menulis trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi kata kata yang mempunyai arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

 16 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Contoh lagi jika kawan menembak keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika kalian bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. sobat juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu trik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting pada artikel kamu.

Namun pada prakteknya, penulis yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari user experience, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan visitor sakit mata dan langsung pergi karena artikel yang dilihat aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya dipakai untuk bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kalian dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan pokok terpenting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu halaman.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama konten tersebut.

Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya membuat postingan tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kawan dapat memasukkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet pada search engine.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 16 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika googling di search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke mesin yang bekerja indeking di tulisan tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau kalian menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak sama dengan gambar yang sobat unduh tersebut. Kalau harus, anda juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda isi, tambah mantap peluang Google mendeteksi konten kalian menjadikannya tulisan yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah di satu tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat postingan anda menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan kuat bertahan di page one. Seperti pada tulisan yang saya posting ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai tool supeer ini.

Namun untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang saya lakukan pada postingan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel kawan hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google memakai berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel