10 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Teknik penulisan konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga telah expired, tetapi sebab masih nongkrong di pejwan masih digunakan. Banyak faktor yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dibuat ahli Seo, berikut ini adalah trik menulis tulisan yang dijamin dapat masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini saya tuliskan sebagai poin pertama karena kita pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 10 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kamu dapat menciptakan backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat website kamu. So, tidak heran jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan respon pembaca saat mereka mengunjungi blog kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing sobat, walaupun tidak menggunakan alat mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips pembuatan artikel SEO Anda, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Ini wajib dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 10 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika kamu bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu bersikeras menulis artikel dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO (dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu tersebut tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menemukan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap konten malah membantu user maka silahkan saja.

 10 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai


Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Karena khawatir peringkat webnya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kalian untuk web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web kawan sebagai blogs yang keren karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

 10 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (kalau kalian menjual sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kalian tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk sebuah tulisan.

kamu malah harus berhati-hati jika tingginya keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kalian lagi membuat tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka sobat bisa memberi kata kata yang mempunyai arti serupa misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 10 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Contoh lagi jika kamu menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika kamu bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. kalian juga bisa memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu trik jadul yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di artikel kamu.

Tapi dalam prakteknya, penulis yang menggunakannya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Memang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun untuk user experience, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan visitor sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dibaca tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kalian bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat gagasan paling penting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu konten.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama konten itu.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat postingan jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, kalian bisa menempatkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pengguna wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 10 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika googling pada search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke robot yang bekerja indeking di tulisan itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kalian memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak sama dengan image yang sobat download tersebut. Jika bisa, anda juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit editan gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu berikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi artikel kawan sebagai artikel yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah pada sekitar konten.

Inonasi Keyword ini membuat tulisan anda menjadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih


Membuat artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan siap bersaing menempati page one. Seperti pada artikel yang kita buat ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai tool canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk mencari perhatian search engine itu diinginkan oleh pembuat website, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel kawan hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, apalagi si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah artikel yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel sobat bisa merajai page one.

0 Response to "10 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel