12 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik
Sabtu, 2 Februari 2019
Add Comment
Cara menulis konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.
Banyak tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali beberapa bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.
Dibuat master Seo, berikut ini adalah trik menulis artikel yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kita masukkan sebagai poin dasar karena kami pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.

Karena sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab diluar kontrol kamu sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine milik google.
Arti dari UX di sini adalah kegiatan dan respon pengguna ketika mereka surfing blog sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Mudahnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing kita, meski tanpa memakai alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sehebat apapun cara pembuatan tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang unik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :
Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.
Ini harus dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku karena tergantung dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.
Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan konten asal tidak over. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Namun jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Solusi untuk hal itu.
Tidak sulit jika kamu pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Jika judul sobat tidak jelas dan kurang enak dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak bermutu.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga peringkatnya di mesin pencari.
Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau kamu dapat menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda tersebut kurang efisien.
Maksud saya adalah tulisan yang tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya tema yang anda ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap artikel malah membantu user maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per artikel ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir Serp blognya turun kalau membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs anda sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kamu merekomendasikan produk/jasa).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya anda tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi nilai dari sebuah artikel.
sobat malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, kamu lagi menulis tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kalian dapat memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

Serupa di atas, jika sobat menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika anda dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Trik yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting di artikel kita.
Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi dari sisi user experience, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca silau dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dilihat aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kawan bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ide paling penting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu konten.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama artikel tersebut.
Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan tidak artistik.
Agar lebih mudah, kawan dapat menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi untuk pemakai wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan membaca artikel kita.
Google tidak bisa membaca file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang bekerja indeking pada konten tersebut.
Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kawan menggunakan gambar berasal dari Google, terlebih dahulu merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang kamu unduh tersebut. Jika perlu, sobat juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit potongan image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web .
Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi konten kamu sebagai postingan yang berkarakter.
Penelitian dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar tulisan.
Variasi Keyword ini membuat postingan kamu jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan konten bukan copas dan kuat bersaing di pejwan. Seperti pada artikel yang admin buat ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik menggunakan alat supeer ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat membuat konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada artikel ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel sobat hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kawan bisa merajai page one.
Banyak tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali beberapa bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.
Dibuat master Seo, berikut ini adalah trik menulis artikel yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kita masukkan sebagai poin dasar karena kami pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Karena sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab diluar kontrol kamu sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine milik google.
Arti dari UX di sini adalah kegiatan dan respon pengguna ketika mereka surfing blog sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Mudahnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing kita, meski tanpa memakai alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sehebat apapun cara pembuatan tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang unik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Penulisan yang benar
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.
2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen
Ini harus dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Seo Friendly
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku karena tergantung dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Clickbait
Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan konten asal tidak over. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Namun jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Solusi untuk hal itu.
Tidak sulit jika kamu pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Jika judul sobat tidak jelas dan kurang enak dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak bermutu.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga peringkatnya di mesin pencari.
Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau kamu dapat menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda tersebut kurang efisien.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Maksud saya adalah tulisan yang tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya tema yang anda ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap artikel malah membantu user maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per artikel ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan
Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir Serp blognya turun kalau membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs anda sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kamu merekomendasikan produk/jasa).
7. Jangan Takut jumlah Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?
Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya anda tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi nilai dari sebuah artikel.
sobat malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, kamu lagi menulis tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kalian dapat memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

Serupa di atas, jika sobat menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika anda dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Trik yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting di artikel kita.
Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi dari sisi user experience, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca silau dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dilihat aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kawan bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ide paling penting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu konten.
11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama artikel tersebut.
Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan tidak artistik.
Agar lebih mudah, kawan dapat menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi untuk pemakai wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan membaca artikel kita.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa membaca file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang bekerja indeking pada konten tersebut.
Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kawan menggunakan gambar berasal dari Google, terlebih dahulu merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang kamu unduh tersebut. Jika perlu, sobat juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit potongan image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web .
14. Isi Gambar ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi konten kamu sebagai postingan yang berkarakter.
Penelitian dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar tulisan.
Variasi Keyword ini membuat postingan kamu jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat konten yang canggih
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan konten bukan copas dan kuat bersaing di pejwan. Seperti pada artikel yang admin buat ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik menggunakan alat supeer ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat membuat konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada artikel ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel sobat hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kawan bisa merajai page one.
0 Response to "12 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik"
Catat Ulasan