16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Metode penulisan konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, tetapi karena masih nongkrong di page one masih dipakai. Banyak faktor yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah tips membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah penulisan adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca website kamu. So, tidak heran kalau inilah salah satu hal penting yang dipakai Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine mereka.

Arti dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon pengguna saat mereka menjelajahi website sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas isi dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tidak menggunakan produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun trik menulis artikel SEO Kawan, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang berkualitas adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Ini perlu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Seringnya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada title artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, tergantung dari user experiencenya.

Jika kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu bersikeras membuat tulisan panjang hanya supaya memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara kamu itu tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu bahas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap post malah membantu user maka silahkan saja.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya abaikan saja, pasti yang ngasih saran kurang update ilmu SEOnya.

Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Karena takut peringkat webnya jatuh jika memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kamu sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kamu menjual produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari suatu postingan.

kamu malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kalian sedang membuat trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kamu dapat memberi kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Serupa di atas, kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau sobat dapat memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kawan juga dapat memasukkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik ampuh yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting di artikel kamu.

Namun pada prakteknya, pemilik website yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Memang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca sakit mata dan langsung pergi karena konten yang dilihat membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. anda bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan gagasan terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang indah.

Untuk mengakalinya, kalian dapat memasukkan keyword anda pada meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mendatangi situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat googling pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke robot yang bekerja crawling pada tulisan yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika anda memakai image dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kamu tidak sama dengan gambar yang kawan download itu. Jika bisa, kamu juga dapat memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit cropping image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web .

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, semakin mantap peluang Google mengindek artikel kamu menjadikannya postingan yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu konten.

Ragam Keyword ini menjadikan artikel sobat jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan artikel unik dan kuat bertahan menempati page one. Misalnya pada konten yang admin posting ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai tool canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada artikel ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu bagus, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel kamu cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin tidak terbantahkan, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel anda dapat merajai page one.

0 Response to "16 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel