Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Ternyata...

Cara penulisan konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing trik menulis artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Banyak trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, tapi tidak semuanya dapat diterapkan dan seringkali trik bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dikeluarkan master Seo, berikut ini adalah cara membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu artikel adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
  Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Ternyata...

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin sobat bisa membuat backlink atau judul yang klikable tapi,, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab mereka adalah penikmat website kamu. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.

Arti dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon pengguna ketika mereka surfing website sobat. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, semakin lama dan enjoy mereka di website, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing sobat, walaupun tidak menggunakan properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips menulis artikel SEO Milikmu, kalau tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai ratu.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Ini wajib dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

  Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Ternyata...

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak kaleng kaleng.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka semakin baik pula rangking di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu dapat menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu hanya berputar putar menulis konten panjang hanya supaya memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda itu kurang efisien.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga membahas tema secara mendalam.

Atau istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya inti yang kamu sampaikan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

  Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Ternyata...

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya biarkan saja, pasti yang ngasih saran tidak update ilmu SEOnya.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Sesuai


Tidak jarang yang khawatir soal ini. Akibat khawatir peringkat blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kalian ke web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web anda. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog kamu sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

  Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Ternyata...

External link ke situs yang berkaitan dengan isi artikel juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kamu merekomendasikan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya anda tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu postingan.

kawan malah kudu berhati-hati kalau tingginya keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

  Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Ternyata...

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Misal, kamu sedang membuat trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kalian dapat memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

  Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Ternyata...

Contoh lagi kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau sobat bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. anda juga dapat memasukkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting pada artikel kita.

Namun yang terjadi, banyak yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang dituju saja.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk sisi user experience, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca silau dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya digunakan pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan ide terpenting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama tulisan tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, kawan bisa menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

  Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Ternyata...

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat mencari artikel di mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada mesin yang melakukan crawling di konten tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kamu memakai gambar dari Google, sebaiknya mengganti judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang anda unduh tersebut. Kalau harus, kamu juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit editan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Pengunaan Gambar ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu isi, tambah besar peluang Google mengindek konten sobat menjadikannya artikel yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat tulisan kamu jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang canggih


Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan mantap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang saya posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik menggunakan tool canggih ini.

Namun untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada konten ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu diinginkan oleh pembuat blog, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten kamu hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google memakai berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kamu bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Trik Menulis Artikel SEO Friendly, Ternyata..."

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel