10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Cara penulisan artikel banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan ada beberapa bahkan yang telah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dibuat ahli Seo, di bawah ini merupakan tips membuat tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini saya tuliskan sebagai poin dasar karena kita pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin sobat bisa memanipulasi backlink atau tulisan yang menarik namun,, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena diluar kendali kita selaku penulis konten. Jadi, tidak salah jika UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka mengunjungi blog milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir seluruh aktivitas browsing user, walaupun tidak menggunakan produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun cara penulisan artikel SEO Milikmu, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Konten yang unik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Seringnya blog lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Merangsang Pengunjung


Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Namun kalau dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Kalau kamu pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini tetap enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Jika judul kamu tidak jelas dan tidak nyaman dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak murahan.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, melihat dari user experiencenya.

Jika Anda dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu bersikeras menulis konten dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda itu tidak akan tepat.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda sampaikan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per konten malah memudahkan pengunjung sebaiknya buat saja.

 10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka abaikan saja, sudah tidak jaman bro.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per page ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai


Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Karena khawatir peringkat blognya turun kalau membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kalian untuk web-web authority yang relevan dengan isi artikel, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog sobat sebagai web yang keren karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

 10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi artikel juga membantu pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika sobat mengenalkan produk/jasa).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya sobat tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk menilai kualitas dari sebuah postingan.

sobat malah kudu waspada kalau seringnya keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Contoh, kalian lagi menulis trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, maka kamu bisa memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

 10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lain jika kalian menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika kalian bisa mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kalian juga bisa menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik jadul yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di tulisan kita.

Namun yang terjadi, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Terkadang dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi dari sisi user experience, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor bingung dan langsung pergi karena konten yang dilihat tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat ide terpenting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel tidak artistik.

Untuk mengakalinya, sobat bisa memasukkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari tulisan di mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada mesin yang bekerja indeking di artikel tersebut.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kawan memakai image dari Google, sebaiknya merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak duplikat dengan image yang sobat unduh itu. Kalau bisa, sobat juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit cropping image supaya file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Isi Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat ulas, semakin mantap kemungkinan Google mengindek konten kalian sebagai konten yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar konten.

Variasi Keyword ini menjadikan postingan kamu menjadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan kuat bertahan menempati page one. Seperti pada tulisan yang saya posting ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan alat supeer ini.

Namun untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang kita lakukan pada konten ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk mencari perhatian search engine itu wajar, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Namun jangan memakai trik optimasi on-page artikel anda cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kamu bisa merajai page one.

0 Response to "10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel