15 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Teknik penulisan konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing trik menulis artikel yang baik. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.

Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, tetapi sebab masih ada di page one masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dari master Seo, berikut ini adalah trik membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu penulisan adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
 15 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kita. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka mengunjungi blog kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing kamu, walaupun tidak menggunakan produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sekeren apapun tips penulisan tulisan SEO Milikmu, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 15 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Seringnya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula peringkatnya di search engine.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras membuat artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO (diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu tidak akan tepat.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu konten yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar topik yang anda bahas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

 15 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel maka biarkan saja, pasti yang ngasih tips kurang update pengalaman SEOnya.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan


Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut Serp webnya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link anda ke web-web authority yang relevan dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web kawan sebagai situs yang terpercaya karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

 15 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik artikel juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (kalau kawan menjual produk/jasa).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu artikel.

kamu malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 15 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, anda sedang membuat tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka kalian bisa menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 15 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Contoh lain jika sobat membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau anda dapat mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. anda juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kita.

Tapi pada prakteknya, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun dari sisi user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor bingung dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dilihat membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya digunakan pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat gagasan terpenting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel jadi agak kaku.

Untuk mengakalinya, sobat dapat menyisipkan keyword anda di meta deskripsi kalau user wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 15 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat mengunjungi situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling di search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan membaca konten kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke robot yang bekerja indeking di konten tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Jika kalian memakai gambar dari Google, terlebih dahulu merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak sama dengan image yang kamu unduh itu. Jika bisa, sobat juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit sayatan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian isi, semakin mantap peluang Google mendeteksi konten kamu sebagai postingan yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar konten.

Ragam Keyword ini membuat postingan anda menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan mampu bertahan menempati pejwan. Seperti pada tulisan yang admin buat ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik memakai tool supeer ini.

Namun untuk membelinya kawan harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat membuat tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada artikel ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu wajar, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kamu hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah postingan yang menambahkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kamu dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel