Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca
Selasa, 26 Februari 2019
Add Comment
Metode menulis artikel di internet memang beragam. Banyak orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, namun karena masih merajai di page one masih digunakan. Banyak hal yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru diposting
Dari pakar Seo, di bawah ini adalah tips membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kami masukkan sebagai poin pertama karena admin pastikan sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.

Tentu sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab diluar kendali kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari UX di sini adalah aktivitas dan respon pembaca ketika mereka mengunjungi situs kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang user klik, dan sebagainya.
Mudahnya, tambah lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing kamu, walaupun tidak menggunakan alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sehebat apapun teknik penulisan tulisan SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :
Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.
Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya situs dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama di dalam title artikel.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus karena menyesuaikan dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.
Seperti contoh kasus di atas, kadang ada yang kesulitan dalam membuat title tulisan sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan tampak kurang ciamik dan kaku ketika dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Jika sobat pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari search engine biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda tersebut tidak akan berhasil.
Maksud admin yaitu tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara mendalam.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu ulas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten sebaiknya biarkan saja, pasti yang ngasih saran tidak update ilmu SEOnya.
Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
Newbie biasanya takut memberikan external linking. Akibat khawatir Serp webnya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web sobat. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web sobat sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian menjual produk/jasa).
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas dari suatu artikel.
kalian malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Sebagai Contoh, kalian lagi menulis tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, maka kawan dapat memberi kata kata yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Contoh lain kalau anda membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika anda bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. sobat juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada artikel kamu.
Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk pengalaman pengguna, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca sakit mata dan langsung pergi akibat tulisan yang dilihat tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. sobat bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk gagasan paling penting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan gagasan utama suatu postingan.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama tulisan tersebut.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan jadi agak kaku.
Untuk mengakalinya, anda bisa memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau pengguna wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine ketika mendatangi situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling pada search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten kita.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada bot yang bekerja indeking pada tulisan tersebut.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika sobat menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak sama dengan gambar yang sobat download itu. Jika perlu, anda juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web .
Tambah menarik informasi yang kalian isi, tambah mantap kemungkinan Google mengindek tulisan anda menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang cocok.
Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.
Ragam Keyword ini membuat artikel kamu jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Membuat artikel adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mampu bertahan menempati page one. Seperti pada tulisan yang saya posting ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai alat canggih ini.
Namun untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada konten ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu baik, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page tulisan kalian cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel anda dapat segera bersaing di SERP.
Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, namun karena masih merajai di page one masih digunakan. Banyak hal yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru diposting
Dari pakar Seo, di bawah ini adalah tips membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.
Related
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kami masukkan sebagai poin pertama karena admin pastikan sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab diluar kendali kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari UX di sini adalah aktivitas dan respon pembaca ketika mereka mengunjungi situs kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang user klik, dan sebagainya.
Mudahnya, tambah lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing kamu, walaupun tidak menggunakan alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sehebat apapun teknik penulisan tulisan SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Lokasi iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang nyaman di retina
- Mengurangi kesalahan ejaan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.
2. Pakai Keyword pada Judul Artikel
Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya situs dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama di dalam title artikel.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Seo Friendly
Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus karena menyesuaikan dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.
3. Gunakan Title yang Mengundang Klik
Seperti contoh kasus di atas, kadang ada yang kesulitan dalam membuat title tulisan sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan tampak kurang ciamik dan kaku ketika dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Jika sobat pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari search engine biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda tersebut tidak akan berhasil.
Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Maksud admin yaitu tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara mendalam.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu ulas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Pakai Internal Linking dalam tulisan
Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah ideal internal link tiap postnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten sebaiknya biarkan saja, pasti yang ngasih saran tidak update ilmu SEOnya.
Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Authority Site yang Relevan
Newbie biasanya takut memberikan external linking. Akibat khawatir Serp webnya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web sobat. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web sobat sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian menjual produk/jasa).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas dari suatu artikel.
kalian malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Sebagai Contoh, kalian lagi menulis tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, maka kawan dapat memberi kata kata yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Contoh lain kalau anda membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika anda bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. sobat juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada artikel kamu.
Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk pengalaman pengguna, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca sakit mata dan langsung pergi akibat tulisan yang dilihat tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. sobat bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk gagasan paling penting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan gagasan utama suatu postingan.
11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama tulisan tersebut.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan jadi agak kaku.
Untuk mengakalinya, anda bisa memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau pengguna wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine ketika mendatangi situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling pada search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten kita.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada bot yang bekerja indeking pada tulisan tersebut.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika sobat menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak sama dengan gambar yang sobat download itu. Jika perlu, anda juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web .
14. Pengunaan Media ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kalian isi, tambah mantap kemungkinan Google mengindek tulisan anda menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang cocok.
Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.
Ragam Keyword ini membuat artikel kamu jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat creator artikel yang canggih
Membuat artikel adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mampu bertahan menempati page one. Seperti pada tulisan yang saya posting ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai alat canggih ini.
Namun untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada konten ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu baik, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page tulisan kalian cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel anda dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca"
Catat Ulasan