15 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Teknik menulis konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing trik penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Seringkali artikel yang dibagikan juga sudah outdated, tetapi sebab masih nongkrong di pejwan masih dipakai. Banyak faktor yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dibuat master Seo, berikut ini adalah trik menulis tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu artikel adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 15 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan bisa menggenerate backlink atau konten yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab mereka adalah penikmat website kamu. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu hal penting yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna saat mereka mengunjungi blog milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Mudahnya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, maka makin menarik konten dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh kegiatan browsing kita, walaupun tanpa memakai properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun teknik pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Ini wajib dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 15 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku alasannya tergantung dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Clickbait


Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Bagi sobat pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul tulisan. Hebatnya, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine pasti melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 15 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau judul Anda tidak jelas dan tidak menarik saat dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin baik pula rangking di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.

Jika kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO (diisi artikel sembarang dan muter-muter) admin rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu ulas dapat lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link per artikel malah membantu pembaca maka silahkan saja.

 15 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Relevan


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena takut Serp blognya jatuh jika membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link anda untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kalian. Pengaruhnya, Google akan menganggap web anda sebagai web yang bagus karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

 15 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi artikel juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kamu menjual sesuatu).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan anda tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi nilai untuk suatu artikel.

sobat malah harus waspada kalau seringnya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 15 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, kamu sedang menulis trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi kamu bisa menambahkan kata kata memiliki maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 15 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lagi jika sobat menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau sobat dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kawan juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik ampuh yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting pada tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic seringnya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. sobat bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna ruh paling penting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu halaman.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama konten tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan tidak artistik.

Agar tidak menggangu, sobat dapat menyisipkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 15 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika mendatangi situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat googling pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada robot yang bekerja indeking pada artikel itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kalian memakai image dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak duplikat dengan image yang kawan download itu. Kalau bisa, sobat juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Isi Media ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat sajikan, semakin besar peluang Google mengindek tulisan kalian sebagai postingan yang mantap di pejwan.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar konten.

Ragam Keyword ini menjadikan artikel kalian menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan tulisan unik dan kuat bertahan di pejwan. Seperti pada artikel yang admin buat ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik menggunakan tool canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada postingan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu wajar, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel kalian cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma search engine telah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan anda bisa merajai page one.

0 Response to "15 Trik Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel