Metode menulis artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.
Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, namun karena masih merajai di pejwan tetap digunakan. Banyak hal yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dari pakar Seo, berikut ini adalah trik menulis artikel yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini kita tuliskan sebagai poin dasar karena kita pastikan sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?
Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena selain kendali kamu sebagai penulis konten. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka surfing website milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, halaman web mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di website, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web tersebut.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing kita, walaupun tanpa memakai alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun trik penulisan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Mengurangi kesalahan penulisan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.
2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword harus dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Memasukkan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Namun hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Fenomena yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat baik juga peringkatnya di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.
Jika kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu bersikeras menulis konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu itu kurang efisien.
Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar poin yang anda bahas bisa lebih luas dan lengkap.
5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel
Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca kamu maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post sebaiknya abaikan saja, sudah tidak jaman bro.
Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan
Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir Serp webnya turun kalau memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kawan. Pengaruhnya, Google akan melihat situs anda sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang sesuai dengan topik artikel juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (persiapan anda menjual sesuatu).
7. Relax dengan Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kawan tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah postingan.
anda malah kudu berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Contoh, sobat lagi menulis tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lagi jika sobat menuju keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau kalian dapat memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. anda juga bisa memasukkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu trik jadul yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di artikel kamu.
Namun dalam prakteknya, penulis yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca silau dan cepat-cepat mencari website lain akibat artikel yang dilihat membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. anda bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna gagasan terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama artikel itu.
Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya membuat postingan kurang indah.
Agar tidak menggangu, kalian dapat menempatkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke robot yang bekerja indeking di artikel itu.
Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau sobat memakai image berasal dari Google, pastikan merubah judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang sobat download tersebut. Jika harus, kalian juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.
14. Pengunaan Gambar ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang sobat ulas, tambah besar peluang Google mendeteksi tulisan kamu sebagai tulisan yang berkualitas.
Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa gambar yang relevan.
Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah pada sekitar konten.
Ragam Keyword ini menjadikan tulisan kamu jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat creator konten yang modern
Menciptakan artikel adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mampu bertahan menempati pejwan. Seperti pada konten yang kita posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan tool keren ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan konten dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang kita buat pada artikel ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu bagus, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel anda cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah postingan yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel anda dapat merajai page one.
0 Response to "Trik Membuat Konten SEO Friendly"
Catat Ulasan