10 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Teknik penulisan artikel banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya bisa digunakan dan seringkali trik bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dari pakar Seo, di bawah ini adalah cara menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini admin tuliskan dalam poin paling penting karena kami anggap sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 10 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kamu bisa memanipulasi backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena selain kontrol kamu selaku pemilik web. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan respon pembaca saat mereka surfing website kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin menarik isi dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing sobat, walaupun tanpa memakai produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun cara pembuatan artikel SEO Kawan, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Ini wajib dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 10 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kejadian yang sering terjadi di blog dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka membuat baik pula rangking di search engine.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, tergantung dari user experiencenya.

Jika kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda bahas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

 10 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten maka biarkan saja, sudah ketinggalan bro.

Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Newbie seringnya takut memberikan external linking. Akibat khawatir peringkat webnya turun jika membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog kawan sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 10 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika anda merekomendasikan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kawan tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu tulisan.

kawan malah kudu waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, anda sedang menulis tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kamu bisa memberi istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

 10 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Serupa di atas, kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika sobat dapat memasukkan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. anda juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun untuk pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain akibat artikel yang dilihat aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk ruh paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu artikel.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama konten itu.

Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, sobat dapat menyisipkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet di google.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 10 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika membuka blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika mencari artikel di search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke robot yang bekerja indeking pada tulisan tersebut.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kamu memakai image berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh itu. Kalau perlu, kalian juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda ulas, tambah besar peluang Google mengindek artikel anda menjadikannya tulisan yang berkualitas.

Menurut dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang relevan.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar artikel.

Variasi Keyword ini membuat konten kamu jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan


Membuat artikel adalah hal yang membuat newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan siap bertahan di pejwan. Misalnya pada konten yang kita buat ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik memakai alat supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu harus membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang saya buat pada artikel ini. Jika kawan berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan artikel yang SEO friendly untuk menarik perhatian search engine itu wajar, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page artikel anda hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google memakai berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang menambahkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel sobat bisa merajai page one.

0 Response to "10 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel