Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Cara penulisan artikel di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, namun hanya akibat masih ada di pejwan masih digunakan. Banyak faktor yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dibuat master Seo, berikut ini adalah trik membuat tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu penulisan adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
  Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kawan bisa membuat backlink atau konten yang menarik namun,, user experience mustahil dimanipulasi karena selain kontrol kita sebagai pemilik web. So, tidak heran kalau inilah salah satu hal penting yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.

Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka surfing blog kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di website, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing sobat, walaupun tanpa menggunakan properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sehebat apapun tips menulis artikel SEO Anda, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Fokus dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Ini wajib dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

  Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Biasanya situs lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku alasannya melihat dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik


Misalnya contoh judul di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam menyusun title tulisan sebab jika dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi not readable dan kaku saat dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi title yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Bagi Anda user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari search engine biasanya membaca judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

  Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Jika judul sobat kaku dan tidak nyaman dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda bersikeras menulis artikel panjang hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda itu tidak akan tepat.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini mendapati kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu bahas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca kamu maka silahkan saja.

  Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Ngga terhitung.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Sesuai


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir ranking webnya turun jika membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kalian. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog kalian sebagai situs yang terpercaya karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

  Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi artikel juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kamu mengenalkan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari sebuah tulisan.

kalian malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

  Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Contoh, kalian lagi membuat trik tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi anda dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

  Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Contoh lagi jika kalian menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau sobat dapat memasukkan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kamu juga bisa memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor tidak suka dan langsung pergi akibat konten yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kamu bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat ide paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 merupakan gagasan utama suatu artikel.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama konten tersebut.

Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Agar lebih mudah, kawan dapat menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pemakai wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

  Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika membuka blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika googling pada search engine, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca konten yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada robot yang bekerja indeking pada artikel yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kalian memakai gambar dari Google, sebaiknya merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak sama dengan image yang kalian download itu. Kalau perlu, kawan juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit sayatan image supaya file image itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan sajikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi konten kalian menjadikannya artikel yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar tulisan.

Ragam Keyword ini membuat konten sobat menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator artikel yang modern


Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan mantap bersaing menempati page one. Misalnya pada tulisan yang saya buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai tool keren ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika sobat membuat konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang saya buat pada postingan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk menarik visitor itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page tulisan kawan hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda dapat merajai page one.

0 Response to "Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel