Tips Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca
Selasa, 26 Februari 2019
Add Comment
Teknik penulisan konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.
Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, namun sebab masih ada di pejwan masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dibuat ahli Seo, di bawah ini adalah cara menulis artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam suatu artikel yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kamu dapat membuat backlink atau tulisan yang menarik tapi,, user experience sangat susah dibuat buat karena mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak salah kalau UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine milik google.
Maksud dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka menjelajahi website milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing kita, walaupun tanpa menggunakan alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun teknik menulis artikel SEO Anda, kalau tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai ratu.
Ini perlu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten alasannya melihat dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
Seperti contoh judul di atas, kadang ada yang kesulitan dalam menyusun judul artikel sebab jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi sulit terbaca dan kaku ketika dibaca. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Mungkin sobat user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul Anda tidak jelas dan kurang menarik saat dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.
Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.
Kalau kamu dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu bersikeras menulis konten panjang hanya agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara mendalam.
Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu ulas bisa lebih mengena dan lengkap.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya biarkan saja, pasti yang memberi tips kurang update ilmu SEOnya.
Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per halamannya ? Banyak.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
Tidak jarang yang khawatir soal ini. Karena khawatir Serp webnya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.
Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kawan. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web sobat sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kamu merekomendasikan sesuatu).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan anda tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah tulisan.
kalian malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Misal, anda lagi membuat trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi anda bisa menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Contoh lain jika kalian membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika kawan bisa mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kalian juga bisa memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada artikel kamu.
Tapi dalam prakteknya, banyak yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan visitor silau dan langsung pergi akibat tulisan yang dilihat kelihatan tidak profesional.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kamu dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ide paling penting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu artikel.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang menjadi topik utama tulisan tersebut.
Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel kurang indah.
Agar tidak menggangu, sobat dapat menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi untuk user wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi snippet di google.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling di search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca konten kita.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada robot yang bekerja crawling pada halaman yang dibuat.
Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kalian memakai gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak sama dengan gambar yang kawan download itu. Jika bisa, kalian juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web .
Tambah menarik informasi yang kamu berikan, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan anda menjadikannya konten yang mantap di pejwan.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah pada satu konten.
Ragam Keyword ini membuat postingan sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Membuat tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel unik dan kuat bertahan di pejwan. Seperti pada tulisan yang admin buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik menggunakan alat keren ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika sobat membuat artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang admin buat pada artikel ini. Jika kamu berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly guna menarik visitor itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Namun jangan memakai trik optimasi on-page artikel kamu hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel sobat dapat segera bersaing di SERP.
Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, namun sebab masih ada di pejwan masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dibuat ahli Seo, di bawah ini adalah cara menulis artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.
Related
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam suatu artikel yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Mungkin kamu dapat membuat backlink atau tulisan yang menarik tapi,, user experience sangat susah dibuat buat karena mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak salah kalau UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine milik google.
Maksud dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka menjelajahi website milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing kita, walaupun tanpa menggunakan alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun teknik menulis artikel SEO Anda, kalau tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tepat
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina
- Penulisan yang benar
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Kecepatan loading
Responsive design
Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai ratu.
2. Pakai Keyword pada Judul Artikel
Ini perlu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Seo Friendly
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten alasannya melihat dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung
Seperti contoh judul di atas, kadang ada yang kesulitan dalam menyusun judul artikel sebab jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi sulit terbaca dan kaku ketika dibaca. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Mungkin sobat user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul Anda tidak jelas dan kurang menarik saat dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.
Kalau kamu dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu bersikeras menulis konten panjang hanya agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara mendalam.
Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu ulas bisa lebih mengena dan lengkap.
5. Sisipkan Internal Linking dalam konten
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap kontennya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya biarkan saja, pasti yang memberi tips kurang update ilmu SEOnya.
Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per halamannya ? Banyak.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Sesuai
Tidak jarang yang khawatir soal ini. Karena khawatir Serp webnya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.
Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kawan. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web sobat sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kamu merekomendasikan sesuatu).
7. Relax dengan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan anda tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah tulisan.
kalian malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Misal, anda lagi membuat trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi anda bisa menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Contoh lain jika kalian membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika kawan bisa mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kalian juga bisa memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada artikel kamu.
Tapi dalam prakteknya, banyak yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan visitor silau dan langsung pergi akibat tulisan yang dilihat kelihatan tidak profesional.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kamu dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan segi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ide paling penting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu artikel.
11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang menjadi topik utama tulisan tersebut.
Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel kurang indah.
Agar tidak menggangu, sobat dapat menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi untuk user wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi snippet di google.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling di search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca konten kita.
13. Memberi Attribut Alt di Image
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada robot yang bekerja crawling pada halaman yang dibuat.
Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kalian memakai gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak sama dengan gambar yang kawan download itu. Jika bisa, kalian juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web .
14. Pengunaan Media ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kamu berikan, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan anda menjadikannya konten yang mantap di pejwan.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah pada satu konten.
Ragam Keyword ini membuat postingan sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Gunakan alat creator konten yang modern
Membuat tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel unik dan kuat bertahan di pejwan. Seperti pada tulisan yang admin buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik menggunakan alat keren ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika sobat membuat artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang admin buat pada artikel ini. Jika kamu berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly guna menarik visitor itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Namun jangan memakai trik optimasi on-page artikel kamu hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel sobat dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "Tips Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca"
Catat Ulasan