Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Cara menulis artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan tips-tips tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali trik bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dibuat ahli Seo, di bawah ini merupakan cara membuat artikel yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah artikel adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
  Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat sebab selain kontrol kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak salah jika UX menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine milik google.

Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi blog milik kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing sobat, meski tidak memakai properti google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun trik menulis artikel SEO Anda, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Inti dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Ini harus dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan semua title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

  Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Seringnya blog lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin kuat pula rangking di search engine.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau kamu hanya berputar putar membuat artikel panjang cuma agar memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu kurang efisien.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link tiap konten malah membantu pengunjung sebaiknya buat saja.

  Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya biarkan saja, sudah tidak jaman bro.

Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink website per halamannya ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat takut peringkat blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs kawan sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

  Tips Membuat Artikel SEO Friendly

External link ke web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kalian menjual produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kawan tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu artikel.

kalian malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

  Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, kamu lagi menulis trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi kawan bisa memberi kata kata yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

  Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Serupa di atas, jika anda membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau sobat bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting di tulisan kamu.

Namun pada kenyataannya, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk sisi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca bingung dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna elemen-elemen terpenting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang dijadikan topik utama artikel tersebut.

Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel tidak artistik.

Agar tidak menggangu, kalian dapat menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk user wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

  Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika membuka blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika mencari artikel di search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada robot yang melakukan crawling pada tulisan itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau anda menggunakan image dari Google, terlebih dahulu merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak duplikat dengan gambar yang sobat download tersebut. Kalau bisa, anda juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit editan gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa memberatkan loading web saat dibuka.

14. Isi Ilustrasi ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda berikan, semakin besar peluang Google mendeteksi artikel sobat menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu konten.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan kalian menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih


Membuat konten adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel unik dan kuat bertahan di pejwan. Seperti pada konten yang admin posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan alat supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada postingan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk menarik visitor itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan kawan cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma search engine telah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google memakai bermacam macam algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat dapat merajai page one.

0 Response to "Tips Membuat Artikel SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel