Metode menulis artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga sudah expired, tetapi hanya akibat masih ada di page one tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting
Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah trik membuat artikel yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini saya masukkan dalam poin dasar karena kami anggap sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena selain kontrol kamu selaku pemilik web. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu hal penting yang dipakai Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca saat mereka surfing situs kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Gampangnya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir semua aktivitas browsing user, meski tidak memakai produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi sekeren apapun trik penulisan artikel SEO Kawan, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina
- Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.
2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel
Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu artikel.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Namun hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Fenomena yang sering terjadi di website-website lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di pencarian google.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, melihat dari pengalaman pengguna.
Jika Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu tidak akan efektif.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Yang dimaksud adalah artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
note : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.
5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel
Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link per post malah membantu pembaca maka silahkan saja.

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per artikel ? Ngga terhitung.
Apakah mereka dibanned Google ? No.
Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan
Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir Serp webnya turun kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kalian ke web-web authority yang relevan dengan topik konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google akan menganggap web kawan sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang sesuai dengan topik artikel juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan sobat merekomendasikan produk/jasa).
7. Sisipkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas dari suatu postingan.
kamu malah harus waspada kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Misal, anda sedang membuat trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kawan bisa menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lagi kalau kalian membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika kawan dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. anda juga bisa menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting di artikel kamu.
Tapi dalam kenyataannya, banyak yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Terkadang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor sakit mata dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat tidak menarik.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk ruh terpenting pada suatu halaman website.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu konten.
11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama konten itu.
Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan kurang seni.
Untuk mengakalinya, kawan bisa menempatkan keyword anda di meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.
13. Memberi Attribut Alt di Image
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada bot yang melakukan crawling di konten yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika sobat menggunakan gambar dari Google, pastikan mengganti judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak sama dengan image yang kamu download tersebut. Jika harus, kamu juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit editan image supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa membuat lola web saat dibuka.
14. Tambahkan Media ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kamu ulas, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kamu menjadikannya tulisan yang berkarakter.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang cocok.
Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar tulisan.
Ragam Keyword ini menjadikan artikel anda menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan
Membuat artikel adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan kuat bertahan menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, kita mengutip konten rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik memakai tool keren ini.
Namun untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten tulisan yang SEO friendly untuk menarik perhatian search engine itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page konten kalian hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah konten yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan sobat dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda"
Catat Ulasan