10 Tips Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Cara penulisan artikel di internet memang beragam. Banyak orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Seringkali artikel yang dibagikan juga telah kadaluarsa, tetapi karena masih merajai di pejwan masih digunakan. Banyak hal yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini adalah tips menulis artikel yang dijamin bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kita tuliskan dalam poin dasar karena saya anggap sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
10 Tips Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kamu bisa memanipulasi backlink atau tulisan yang menarik namun,, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena selain kendali kita selaku penulis konten. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon pembaca saat mereka mengunjungi situs milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin berkualitas isi dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing pembaca, walaupun tanpa menggunakan properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun tips pembuatan artikel SEO Anda, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Ini wajib dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan semua title agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

10 Tips Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Seringnya situs lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula rangking di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.

Jika kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau kamu hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO (diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini mendapati kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang anda sampaikan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link per post malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

10 Tips Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya biarkan saja, sudah tidak jaman bro.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink website per postingan ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Sesuai


Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir ranking webnya turun jika memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kawan ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kalian sebagai web yang terpercaya karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

10 Tips Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (seumpama kawan merekomendasikan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya sobat tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas untuk suatu tulisan.

kalian malah harus berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

10 Tips Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Contoh, sobat lagi membuat trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka kamu bisa memberi istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

10 Tips Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Contoh lain jika kalian menuju keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika kalian bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. kawan juga bisa menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik jadul yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.

Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari segi user experience, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dibaca tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic wajarnya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. sobat dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan gagasan paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama tulisan itu.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel jadi agak kaku.

Untuk mengakalinya, kalian dapat menempatkan keyword anda di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

10 Tips Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke bot yang melakukan indeking pada halaman yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kalian menggunakan gambar dari Google, pastikan merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar anda tidak duplikat dengan image yang sobat download tersebut. Jika perlu, kawan juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar supaya file image itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian isi, semakin besar kemungkinan Google mengindek konten kawan menjadikannya konten yang mantap di pejwan.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu tulisan.

Variasi Keyword ini membuat konten kamu jadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan kuat bertahan menempati page one. Seperti pada artikel yang admin posting ini, saya melansir konten rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik memakai tool keren ini.

Namun untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat membuat artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada postingan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel konten yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page tulisan kawan cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin pintar, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kawan bisa merajai page one.

0 Response to "10 Tips Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel