9 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Teknik menulis konten website di internet memang beragam. Banyak orang berbagi trik menulis artikel yang baik. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Banyak tips-tips mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, tapi tidak semuanya dapat diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dari ahli Seo, berikut ini merupakan trik membuat artikel yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kami masukkan sebagai poin paling penting karena saya pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 9 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin sobat dapat membuat backlink atau judul yang klikable namun,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat website kita. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka surfing situs kawan. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Logikanya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing kita, meski tanpa memakai properti google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun trik penulisan tulisan SEO Anda, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Ini wajib dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 9 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Seringnya website-website lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus sebenarnya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Gunakan Judul yang Clickbait


Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Tidak sulit jika Anda user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 9 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika judul kamu tidak jelas dan tidak enak dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula rangking di search engine.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika Anda hanya berputar putar membuat artikel panjang cuma agar memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda sampaikan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap artikel malah memudahkan pembaca maka silahkan saja.

 9 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya abaikan saja, pasti yang memberi tips kurang update ilmu SEOnya.

Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir Serp blognya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link anda untuk web-web authority yang relevan dengan topik artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web sobat. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog kalian sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 9 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (persiapan anda menjual produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kalian tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk menilai nilai dari suatu postingan.

kawan malah harus berhati-hati jika persentase keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 9 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Contoh, anda sedang menulis tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi kawan dapat memberi kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 9 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lagi jika kalian membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau anda bisa memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kawan juga dapat memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di artikel kamu.

Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Terkadang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari user experience, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor tidak suka dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. anda dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan elemen-elemen terpenting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu postingan.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat artikel kurang indah.

Agar lebih mudah, kalian bisa menyisipkan keyword kamu di meta deskripsi kalau user wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 9 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada bot yang melakukan crawling pada konten itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kalian memakai image dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak sama dengan image yang kamu download tersebut. Jika harus, sobat juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Isi Media ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian isi, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi konten sobat menjadikannya tulisan yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang relevan.

Selain itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan postingan kamu jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan konten unik dan siap bertahan di pejwan. Misalnya pada konten yang admin buat ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai alat supeer ini.

Namun untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada artikel ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page konten kamu cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari sudah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan dapat merajai page one.

0 Response to "9 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel