12 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Cara penulisan konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Banyak tips-tips tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, namun tidak semuanya bisa dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dibuat ahli Seo, berikut ini adalah trik menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kami tuliskan dalam poin paling penting karena kami anggap sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 12 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kamu dapat memanipulasi backlink atau konten yang menarik tapi,, user experience mustahil dibuat buat sebab diluar kendali kamu selaku pemilik web. So, tidak heran kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine milik google.

Arti dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman user saat mereka surfing blog milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas isi dari web itu.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing user, walaupun tidak menggunakan properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun teknik penulisan artikel SEO Kawan, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 12 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Biasanya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis konten panjang cuma untuk memenuhi target SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya tema yang anda bahas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca anda maka silahkan saja.

 12 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir peringkat blognya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link sobat ke web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web kamu sebagai blogs yang terpercaya karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

 12 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kalian menjual produk/jasa).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mendeteksi nilai untuk sebuah artikel.

sobat malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 12 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Contoh, anda sedang menulis tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi sobat bisa menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 12 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Contoh lain kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika sobat bisa memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. sobat juga dapat menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada artikel kita.

Namun pada kenyataannya, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang di bidik saja.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari segi user experience, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca silau dan langsung pergi karena artikel yang dilihat tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic biasanya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk ide terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten itu.

Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel kurang seni.

Untuk mengakalinya, kamu bisa memasukkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk user wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 12 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat mencari tulisan pada search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca konten kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada bot yang bekerja crawling di tulisan itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika anda memakai gambar dari Google, sebaiknya mengganti nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak duplikat dengan gambar yang sobat download itu. Jika perlu, anda juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Media ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian ulas, semakin mantap peluang Google mendeteksi tulisan kawan menjadikannya tulisan yang berkualitas.

Survei dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat tulisan kawan jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang modern


Membuat tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan siap bersaing di pejwan. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik memakai alat supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada postingan ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page konten kamu hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google memakai bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang menambahkan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kawan bisa merajai page one.

0 Response to "12 Tips Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel