16 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda
Rabu, 13 Februari 2019
Add Comment
Teknik menulis konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.
Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga sudah expired, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pencarian tetap dipakai. Banyak faktor yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dibuat pakar Seo, di bawah ini adalah cara membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam suatu artikel yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena diluar kendali kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka mengunjungi website sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, maka makin berkualitas isi dari web itu.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing sobat, walaupun tanpa menggunakan alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi sekeren apapun cara menulis tulisan SEO Anda, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai tamu terhormat.
Ini wajib dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Memasukkan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dilihat dan mengundang klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Biasanya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus karena menyesuaikan dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.
Seperti contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam menyusun judul tulisan sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan canggung dan kaku saat dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Jika Anda pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini masih enak dilihat karena nantinya pembaca dari search engine pasti melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Kalau judul kamu tidak jelas dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.
Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka membuat baik pula peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu bersikeras menulis artikel panjang hanya untuk memenuhi poin SEO (diisi artikel sembarang dan muter-muter) admin rasa cara Anda itu kurang efisien.
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.
Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link per post malah memudahkan pembaca sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten maka biarkan saja, pasti yang ngasih saran kurang update pengalaman SEOnya.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir peringkat webnya turun jika memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web kawan sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (jika kawan mengenalkan sesuatu).
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk sebuah artikel.
kalian malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, anda sedang menulis trik tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka anda dapat menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Contoh lagi kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kamu dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kalian juga bisa menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada artikel kamu.
Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca tidak suka dan langsung pergi karena konten yang dilihat kelihatan tidak profesional.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat ide paling penting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu konten.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.
Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan jadi agak kaku.
Agar tidak menggangu, sobat bisa memasukkan keyword anda pada meta deskripsi untuk user wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet pada search engine.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika membuka situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat googling di search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan membaca konten yang sudah dibuat.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada robot yang bekerja indeking pada konten tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kawan menggunakan image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak duplikat dengan image yang kamu unduh tersebut. Kalau perlu, sobat juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .
Semakin kaya informasi yang sobat berikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi konten kawan sebagai tulisan yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang relevan.
Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.
Variasi Keyword ini membuat tulisan sobat menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Membuat tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan artikel unik dan mampu bertahan di page one. Seperti pada artikel yang admin posting ini, saya melansir artikel rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik menggunakan tool keren ini.
Namun untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang kita buat pada tulisan ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu wajar, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page konten sobat hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma search engine sudah semakin modern, apalagi si raksasa Google dengan berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kalian bisa merajai page one.
Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga sudah expired, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pencarian tetap dipakai. Banyak faktor yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dibuat pakar Seo, di bawah ini adalah cara membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam suatu artikel yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena diluar kendali kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka mengunjungi website sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, maka makin berkualitas isi dari web itu.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing sobat, walaupun tanpa menggunakan alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi sekeren apapun cara menulis tulisan SEO Anda, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Kecepatan loading
Responsive design
Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai tamu terhormat.
2. Pakai Keyword pada Judul Artikel
Ini wajib dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Memasukkan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dilihat dan mengundang klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Biasanya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang baik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus karena menyesuaikan dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.
3. Pakailah Judul yang Clickbait
Seperti contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam menyusun judul tulisan sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan canggung dan kaku saat dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Jika Anda pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini masih enak dilihat karena nantinya pembaca dari search engine pasti melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Kalau judul kamu tidak jelas dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka membuat baik pula peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu bersikeras menulis artikel panjang hanya untuk memenuhi poin SEO (diisi artikel sembarang dan muter-muter) admin rasa cara Anda itu kurang efisien.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.
5. Pakai Internal Linking dalam tulisan
Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link per post malah memudahkan pembaca sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten maka biarkan saja, pasti yang ngasih saran kurang update pengalaman SEOnya.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking ke Situs besar yang Relevan
Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir peringkat webnya turun jika memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web kawan sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (jika kawan mengenalkan sesuatu).
7. Relax dengan Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk sebuah artikel.
kalian malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, anda sedang menulis trik tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka anda dapat menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Contoh lagi kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kamu dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kalian juga bisa menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada artikel kamu.
Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca tidak suka dan langsung pergi karena konten yang dilihat kelihatan tidak profesional.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat ide paling penting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu konten.
11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.
Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan jadi agak kaku.
Agar tidak menggangu, sobat bisa memasukkan keyword anda pada meta deskripsi untuk user wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet pada search engine.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika membuka situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat googling di search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan membaca konten yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada robot yang bekerja indeking pada konten tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kawan menggunakan image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak duplikat dengan image yang kamu unduh tersebut. Kalau perlu, sobat juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .
14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang sobat berikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi konten kawan sebagai tulisan yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang relevan.
Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.
Variasi Keyword ini membuat tulisan sobat menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator artikel yang modern
Membuat tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan artikel unik dan mampu bertahan di page one. Seperti pada artikel yang admin posting ini, saya melansir artikel rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik menggunakan tool keren ini.
Namun untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang kita buat pada tulisan ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu wajar, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page konten sobat hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma search engine sudah semakin modern, apalagi si raksasa Google dengan berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kalian bisa merajai page one.
0 Response to "16 Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda"
Catat Ulasan