Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Teknik penulisan artikel di internet memang beragam. Banyak orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.

Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, namun sebab masih ada di pejwan masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dari pakar Seo, di bawah ini adalah trik membuat tulisan yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini admin tuliskan dalam poin paling penting karena kita anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kawan dapat membuat backlink atau tulisan yang menarik tapi,, user experience mustahil dibuat buat karena diluar kendali kita selaku pemilik web. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine mereka.

Pengertian dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon user ketika mereka surfing website kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing kita, meski tanpa memakai alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sekeren apapun tips pembuatan artikel SEO Anda, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori user experience? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai raja.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Namun poin ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Biasanya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten alasannya tergantung dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Clickbait


Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Cara simpel Mengatasinya.

Jika kamu user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan tidak nyaman dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula rangking di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari user experiencenya.

Jika kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras membuat artikel dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu itu tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menghasilkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar poin yang kamu sampaikan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca kawan maka silahkan saja.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Jika ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Newbie seringnya takut memberikan external linking. Akibat khawatir ranking blognya turun jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kalian untuk web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog kamu sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan blog yang memiliki nama baik.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kalian menjual produk/jasa).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu tulisan.

kamu malah kudu waspada kalau tingginya keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Contoh, kalian sedang membuat tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi sobat dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Serupa di atas, jika kalian membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kawan dapat memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. sobat juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting pada tulisan kamu.

Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari user experience, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dilihat membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. sobat dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna elemen-elemen paling penting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu halaman.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama artikel itu.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, sobat dapat memasukkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk pengguna wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari artikel pada search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan membaca tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang bekerja indeking pada halaman tersebut.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau sobat memakai image berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak duplikat dengan gambar yang sobat unduh tersebut. Jika bisa, kamu juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan image agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Isi Media ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian sajikan, semakin mantap peluang Google mengindek konten sobat sebagai konten yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa image yang relevan.

Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara terpisah pada satu tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat tulisan sobat jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih


Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan kuat bertahan menempati pejwan. Seperti pada artikel yang kita posting ini, kita melansir konten rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik memakai alat keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk menarik perhatian bot engine itu diinginkan oleh pembuat website, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog anda. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel sobat cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah artikel yang meningkatkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu bisa merajai page one.

0 Response to "Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel