Trik Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Teknik penulisan konten website di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada trik bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dari ahli Seo, berikut ini merupakan trik menulis tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini admin tuliskan dalam poin paling penting karena kita anggap sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
  Trik Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat karena selain kontrol kamu selaku penulis konten. So, tidak heran jika UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon user saat mereka menjelajahi website milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing user, walaupun tanpa menggunakan produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sekeren apapun trik pembuatan tulisan SEO Kawan, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Ini harus dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

  Trik Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Biasanya website-website lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten intinya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Pakailah Title yang Clickbait


Misalnya contoh judul di atas, kadang ada yang kesulitan dalam menyusun judul konten sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan tidka menyatu dan aneh ketika dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Mungkin Anda user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

  Trik Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Kalau judul Anda tidak jelas dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin baik juga rangking di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis konten panjang cuma supaya memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu kurang tepat.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya yaitu artikel yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar inti yang anda jelaskan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kawan maka silahkan saja.

  Trik Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post maka jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, total interlink website per page ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir masalah ini. Akibat takut peringkat webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link kalian untuk web-web authority yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kalian sebagai situs yang keren karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

  Trik Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi artikel juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web affiliate (jika sobat merekomendasikan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu artikel.

kalian malah wajib waspada jika seringnya keyword density terlalu banyak, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

  Trik Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kawan lagi menulis tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kamu bisa memberi kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

  Trik Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Contoh lagi jika sobat membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika anda bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kalian juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kita.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya cuma pada kata yang di bidik saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor tidak suka dan langsung pergi akibat tulisan yang dilihat kelihatan amatir.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kawan bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan elemen-elemen paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu artikel.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama artikel itu.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, kalian bisa memasukkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pemakai wp sering menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

  Trik Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat membuka blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat googling di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan membaca konten yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image ke mesin yang bekerja indeking pada tulisan itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Biasanya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kawan memakai gambar dari Google, sebaiknya merubah title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak sama dengan image yang kamu download tersebut. Kalau bisa, sobat juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar agar file image itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Isi Gambar ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian ulas, semakin mantap peluang Google mendeteksi tulisan kawan sebagai artikel yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.

Ragam Keyword ini membuat postingan kalian menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang modern


Membuat konten adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan konten unik dan kuat bertahan menempati page one. Seperti pada artikel yang kita buat ini, saya mengutip konten rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan tool supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada tulisan ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan konten yang SEO friendly untuk mencari visitor itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan kawan cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kalian bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Trik Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel