15 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...
Rabu, 13 Februari 2019
Add Comment
Teknik menulis artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.
Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, namun karena masih merajai di pejwan tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan tips membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling penting dari suatu website yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.

Tentu sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kawan dapat menggenerate backlink atau tulisan yang clickbait namun,, user experience mustahil dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi website milik kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, itu artinya makin menarik konten dari web tersebut.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tanpa memakai properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun trik penulisan tulisan SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :
Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
Memasukkan keyword wajib dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Kejadian yang sering terjadi di website-website dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.
Misalnya contoh judul di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika menyusun judul konten sebab kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan canggung dan aneh saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Kalau kamu user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian seringnya membaca judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul kamu kaku dan tidak menarik ketika dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.
Jika Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu bersikeras membuat tulisan panjang cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara Anda tersebut tidak akan berhasil.
Maksud admin adalah tulisan yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menyimpulkan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
note : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu bahas bisa lebih mengena dan lengkap.
Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap post malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post maka abaikan saja, pasti yang memberi saran tidak update ilmu SEOnya.
Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
Banyak yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir Serp webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kawan untuk web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web anda. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog kamu sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat merekomendasikan produk/jasa).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.
Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk suatu tulisan.
kamu malah harus waspada kalau seringnya keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Misal, kamu sedang membuat trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kawan bisa memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lain jika sobat menembak keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kawan dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. kawan juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Trik yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting pada artikel kita.
Namun yang terjadi, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada kata yang di bidik saja.
Mungkin itu dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dilihat kelihatan amatir.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. sobat bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ruh paling penting pada suatu halaman website.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama tulisan itu.
Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel kurang seni.
Agar tidak menggangu, kalian dapat menempatkan keyword kawan di meta deskripsi untuk user wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat mencari artikel di search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca artikel yang sudah dibuat.
Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke mesin yang melakukan indeking di halaman yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.
Tips:
Kalau sobat memakai gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kawan tidak duplikat dengan gambar yang kalian unduh tersebut. Jika harus, sobat juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web .
Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi konten anda menjadikannya postingan yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang cocok.
Selain itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu artikel.
Variasi Keyword ini menjadikan tulisan sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan mantap bertahan di page one. Misalnya pada artikel yang kita posting ini, kita melansir artikel rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang saya buat pada tulisan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian bot engine itu diinginkan oleh pembuat website, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kalian cuma agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah tulisan yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda bisa segera bersaing di SERP.
Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, namun karena masih merajai di pejwan tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan tips membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling penting dari suatu website yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Tentu sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kawan dapat menggenerate backlink atau tulisan yang clickbait namun,, user experience mustahil dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi website milik kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, itu artinya makin menarik konten dari web tersebut.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tanpa memakai properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun trik penulisan tulisan SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Mengurangi kesalahan ejaan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.
2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel
Memasukkan keyword wajib dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Kejadian yang sering terjadi di website-website dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang baik
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.
3. Gunakan Title yang Mengundang Klik
Misalnya contoh judul di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika menyusun judul konten sebab kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan canggung dan aneh saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Kalau kamu user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian seringnya membaca judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul kamu kaku dan tidak menarik ketika dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.
Jika Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu bersikeras membuat tulisan panjang cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara Anda tersebut tidak akan berhasil.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Maksud admin adalah tulisan yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menyimpulkan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
note : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu bahas bisa lebih mengena dan lengkap.
5. Pakai Internal Linking dalam tulisan
Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link per kontennya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap post malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post maka abaikan saja, pasti yang memberi saran tidak update ilmu SEOnya.
Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Sesuai
Banyak yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir Serp webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kawan untuk web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web anda. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog kamu sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat merekomendasikan produk/jasa).
7. Relax dengan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk suatu tulisan.
kamu malah harus waspada kalau seringnya keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Misal, kamu sedang membuat trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kawan bisa memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lain jika sobat menembak keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kawan dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. kawan juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Trik yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting pada artikel kita.
Namun yang terjadi, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada kata yang di bidik saja.
Mungkin itu dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dilihat kelihatan amatir.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. sobat bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan segi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ruh paling penting pada suatu halaman website.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama tulisan itu.
Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel kurang seni.
Agar tidak menggangu, kalian dapat menempatkan keyword kawan di meta deskripsi untuk user wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat mencari artikel di search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca artikel yang sudah dibuat.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke mesin yang melakukan indeking di halaman yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.
Tips:
Kalau sobat memakai gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kawan tidak duplikat dengan gambar yang kalian unduh tersebut. Jika harus, sobat juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web .
14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi konten anda menjadikannya postingan yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang cocok.
Selain itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu artikel.
Variasi Keyword ini menjadikan tulisan sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat creator artikel yang modern
Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan mantap bertahan di page one. Misalnya pada artikel yang kita posting ini, kita melansir artikel rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang saya buat pada tulisan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian bot engine itu diinginkan oleh pembuat website, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kalian cuma agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah tulisan yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "15 Cara Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata..."
Catat Ulasan