Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Cara penulisan konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Banyak trik mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada beberapa bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dibuat master Seo, di bawah ini merupakan trik menulis tulisan yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu penulisan adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu hal penting yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon pembaca ketika mereka mengunjungi blog kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing kamu, walaupun tidak menggunakan alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun trik pembuatan artikel SEO Sobat, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai raja.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Kejadian yang sering terjadi di website-website dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak murahan.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin baik juga peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika Anda hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut kurang efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu bahas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap konten malah memudahkan visitor sebaiknya buat saja.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink website per page ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut peringkat webnya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link kamu ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap web kamu sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

External link ke situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kalian mengenalkan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya anda tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk suatu artikel.

kamu malah wajib waspada kalau persentase keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kawan sedang membuat trik tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi anda bisa menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti serupa misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Contoh lagi jika kamu menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau kalian dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kamu juga dapat memasukkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting di artikel kita.

Namun pada prakteknya, pemilik website yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun untuk user experience, sangat buruk. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca silau dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dibaca aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kamu bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk elemen-elemen paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu artikel.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang seni.

Agar tidak menggangu, kamu dapat menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau user wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

  Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat googling pada search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke robot yang bekerja crawling di tulisan tersebut.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kamu menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak sama dengan gambar yang sobat download tersebut. Kalau bisa, sobat juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit sayatan image supaya file image itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa membuat lola web .

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda isi, tambah besar peluang Google mengindek konten sobat menjadikannya konten yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan kalian menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator konten yang canggih


Membuat konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan siap bertahan di page one. Seperti pada artikel yang saya posting ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan tool canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi pertahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat sobat membuat artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang admin buat pada artikel ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan postingan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu wajar, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Namun jangan memakai cara optimasi on-page tulisan kalian hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma bot engine sudah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah konten yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan anda dapat merajai page one.

0 Response to "Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel