Teknik penulisan artikel banyak tersedia di google. Banyak orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.
Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pejwan masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru diposting
Dibuat master Seo, di bawah ini merupakan trik membuat artikel yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling mendasar dari suatu situs yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?
Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine mereka.
Maksud dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka mengunjungi blog sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, kalau pengunjung betah di website, maka makin berkualitas isi dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing pembaca, walaupun tanpa menggunakan properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Jadi sehebat apapun cara pembuatan tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang unik adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Penulisan yang benar
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Fokus dari UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.
2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen
Ini perlu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling tepat pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.
Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Umumnya yang sering terjadi di website-website lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul artikel.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di search engine.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda bersikeras menulis tulisan panjang cuma untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan efisien.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
warning : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya inti yang kamu ulas bisa lebih luas dan lengkap.
5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total internal link tiap artikelnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca kamu maka silahkan saja.

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per postingan ? Ngga terhitung.
Apakah mereka dibanned Google ? No.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking ke Situs besar yang Relevan
Banyak yang khawatir soal ini. Akibat takut peringkat blognya turun jika memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kawan untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web sobat sebagai web yang keren karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan isi artikel juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (jika anda merekomendasikan produk/jasa).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya anda tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk suatu postingan.
kawan malah harus berhati-hati jika persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, kawan lagi menulis trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi kamu bisa menambahkan kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Serupa di atas, jika sobat membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau anda dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. sobat juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.
Namun pada prakteknya, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Memang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca silau dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dilihat membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. anda dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan gagasan paling penting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.
Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan tidak artistik.
Agar lebih mudah, kawan bisa menempatkan keyword anda di meta deskripsi kalau user wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.
Peletakan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat mendatangi blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika mencari artikel pada search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk membuka dan membaca tulisan yang tadi kita buat.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa membaca file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke mesin yang bekerja crawling pada artikel itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kawan menggunakan image dari Google, jangan lupa untuk merubah title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kalian tidak duplikat dengan image yang kamu download itu. Kalau perlu, kamu juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit editan image supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .
14. Isi Ilustrasi ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kalian berikan, semakin besar peluang Google mengindek tulisan anda sebagai artikel yang berkualitas.
Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang relevan.
Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar konten.
Variasi Keyword ini membuat postingan kamu jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan
Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan tulisan bukan copas dan mantap bersaing menempati pejwan. Seperti pada tulisan yang admin posting ini, kita melansir konten rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan tool keren ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat kamu membuat artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada artikel ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel kawan hanya untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google memakai berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah postingan yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel anda bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "9 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan