12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Cara penulisan konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya dapat diterapkan dan seringkali trik bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini merupakan cara menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini saya masukkan dalam poin dasar karena kita pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine milik google.

Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon user saat mereka menjelajahi website kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web tersebut.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tanpa memakai alat mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi se-expert apapun teknik pembuatan artikel SEO Anda, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang berkualitas adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Ini kudu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Biasanya blog lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada title artikel.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku karena tergantung dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali diperlukan untuk menyusun konten asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Tapi jika dibuat menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Tidak sulit jika Anda user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Jadi, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini tetap enak dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Jika judul kamu tidak jelas dan tidak menarik ketika dibaca maka akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika kamu bisa membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis artikel panjang hanya agar memenuhi poin SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda itu tidak akan efektif.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang anda ulas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link per artikel malah memudahkan pembaca maka silahkan saja.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir soal ini. Karena khawatir ranking blognya jatuh jika membuat link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda ke situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kalian. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web kawan sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi artikel juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian mengenalkan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk menilai nilai untuk suatu tulisan.

anda malah kudu waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, kamu lagi membuat trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Serupa di atas, kalau kalian menuju keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau kalian bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. sobat juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting di tulisan kamu.

Tapi pada prakteknya, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi untuk sisi user experience, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dibaca membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mementingkan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat pokok terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama konten itu.

Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya membuat artikel kurang indah.

Agar lebih mudah, kalian dapat menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi untuk user wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika googling di search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada bot yang melakukan indeking di tulisan yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau sobat menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak sama dengan image yang kamu download tersebut. Jika bisa, sobat juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian berikan, semakin mantap peluang Google mengindek tulisan anda menjadikannya postingan yang berkualitas.

Survei dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar tulisan.

Ragam Keyword ini membuat tulisan kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih


Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mantap bersaing menempati page one. Seperti pada konten yang kita posting ini, kita melansir artikel rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika kamu membuat konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada artikel ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna menarik visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Namun jangan memakai trik optimasi on-page artikel sobat cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, ditambah mesin pencari Google memakai berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan sobat dapat merajai page one.

0 Response to "12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel