Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Metode penulisan artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak karya orang.

Banyak tips-tips tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, namun tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini merupakan tips membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini saya tuliskan dalam poin pertama karena kita pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
  Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dibuat buat.

Mungkin kawan dapat membuat backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine mereka.

Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca ketika mereka surfing situs sobat. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, tambah lama dan betah mereka di website, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tanpa menggunakan properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sekeren apapun tips menulis artikel SEO Milikmu, kalau tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang berkualitas adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

  Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Biasanya blog lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus intinya kata pada pencarian agar tetap utuh.

3. Gunakan Title yang Clickbait


Seperti contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika membuat title artikel sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan tidak terbaca dan kaku saat dibaca. Tapi jika dibuat menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Tidak sulit jika sobat pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian seringnya melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

  Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Jika judul Anda terlalu fokus pada keyword dan tidak menarik saat dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di pencarian google.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika Anda bersikeras menulis artikel dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu kurang efektif.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

warning : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang kamu jelaskan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan


Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap konten malah memudahkan user maka silahkan saja.

  Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir peringkat webnya jatuh kalau memberi link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link anda ke web-web authority yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs kalian sebagai web yang terpercaya karena selalu merujuk blog yang memiliki nama baik.

  Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kawan mengenalkan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah artikel.

kawan malah wajib waspada kalau seringnya keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

  Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Contoh, kawan lagi menulis tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kawan bisa memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

  Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Contoh lain kalau kamu menuju keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kalian dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. sobat juga dapat memasukkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting di artikel kita.

Namun dalam kenyataannya, penulis yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun untuk user experience, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat visitor bingung dan langsung pergi akibat konten yang dilihat membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat pokok paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.

Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan tidak artistik.

Untuk mengakalinya, sobat bisa menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

  Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine ketika membuka blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada robot yang bekerja indeking pada halaman itu.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika sobat memakai image dari Google, pastikan merubah nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak duplikat dengan gambar yang kawan download itu. Jika perlu, kamu juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit editan gambar agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda berikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel sobat menjadikannya artikel yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.

Ragam Keyword ini membuat artikel kamu jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan


Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan kuat bertahan di page one. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi pertahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada postingan ini. Jika kawan berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly guna mencari perhatian bot engine itu wajar, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page artikel kalian hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google memakai berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten sobat bisa merajai page one.

0 Response to "Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel