Cara Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas

Cara menulis konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.

Mudah ditemukan trik tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, tapi tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali trik bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini adalah tips menulis artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari suatu situs yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
  Cara Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena mereka adalah pembaca situs kita. Jadi, tidak salah kalau UX menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna saat mereka mengunjungi blog milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tidak memakai properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun teknik menulis artikel SEO Kawan, kalau tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dilakukan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

  Cara Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas

Fenomena yang sering terjadi di website-website lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.

Jika kamu bisa membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu bersikeras menulis tulisan panjang cuma supaya memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak hanya panjang , tetapi juga berisi topik secara mendalam.

Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menemukan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

  Cara Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih saran tidak update ilmu SEOnya.

Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Sesuai


Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat khawatir ranking blognya jatuh jika memberi link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kalian ke situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap web kalian sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

  Cara Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas

External link ke situs yang sesuai dengan topik ulasan juga membantu pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan artikel, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (jika kamu menjual produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kalian tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi nilai untuk suatu artikel.

kawan malah kudu berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

  Cara Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, kawan sedang menulis tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi anda bisa menambahkan kata kata memiliki maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

  Cara Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas

Contoh lagi kalau anda membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kalian bisa memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kalian juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol pada artikel kamu.

Tapi pada kenyataannya, pemilik website yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Memang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung silau dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dibaca membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan pokok terpenting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu postingan.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.

Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan kurang seni.

Agar tidak menggangu, kamu bisa menempatkan keyword anda pada meta deskripsi kalau user wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

  Cara Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika mendatangi situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada bot yang melakukan crawling di halaman tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kawan menggunakan image berasal dari Google, terlebih dahulu merubah nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kamu tidak duplikat dengan image yang kalian download tersebut. Jika harus, kawan juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Tambahkan Gambar ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian isi, tambah mantap peluang Google mengindek tulisan kalian menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara terpisah di sekitar tulisan.

Ragam Keyword ini menjadikan postingan anda jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang modern


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan tulisan unik dan mampu bertahan menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik menggunakan tool canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat tulisan dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang kita lakukan pada konten ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu baik, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page konten anda cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat bisa merajai page one.

0 Response to "Cara Menulis Konten SEO Friendly & Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel