Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Cara penulisan konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing cara menulis artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Mudah ditemukan trik mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dari master Seo, di bawah ini merupakan tips membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini saya tuliskan sebagai poin pertama karena admin anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
  Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena selain kontrol kamu selaku pemilik web. Jadi, tidak heran jika UX menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine milik google.

Maksud dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon user ketika mereka surfing website sobat. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, maka makin menarik isi dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tanpa memakai properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sekeren apapun tips pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai raja.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua title agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

  Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak murahan.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.

Jika Anda bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda tersebut kurang tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini mendapati bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

perhatian : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar topik yang anda bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

  Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Sesuai


Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut Serp blognya jatuh jika membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link sobat untuk web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google akan melihat web anda sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

  Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (persiapan anda mengenalkan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kawan tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas dari sebuah postingan.

kalian malah wajib waspada kalau tingginya keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

  Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, kawan sedang menulis tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi sobat bisa menambahkan istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

  Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Contoh lain jika anda menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika anda dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di artikel kamu.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca bingung dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dilihat kelihatan tidak profesional.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat gagasan terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 merupakan gagasan utama suatu postingan.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama artikel tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, kawan dapat memasukkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

  Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika mendatangi situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika googling pada search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk membuka dan membaca konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat membaca file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke mesin yang melakukan indeking di halaman itu.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika kamu memakai gambar berasal dari Google, terlebih dahulu merubah title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang kawan unduh tersebut. Kalau bisa, kalian juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit cropping image supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Pengunaan Media ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian ulas, semakin mantap peluang Google mengindek konten kamu menjadikannya tulisan yang berkualitas.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar konten.

Ragam Keyword ini membuat konten kalian jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten bukan copas dan siap bertahan menempati page one. Misalnya pada tulisan yang kita posting ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai tool canggih ini.

Namun untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika sobat membuat artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada konten ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan tulisan yang SEO friendly guna menarik visitor itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel sobat cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kawan bisa merajai page one.

0 Response to "Trik Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel