Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly

Teknik menulis konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Seringkali tulisan yang dibagikan juga telah expired, namun hanya akibat masih nongkrong di pejwan tetap digunakan. Banyak hal yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru diposting

Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini merupakan tips membuat tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini admin masukkan dalam poin paling penting karena admin anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi sebab selain kendali kita selaku penulis konten. So, tidak heran kalau UX menjadi salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka menjelajahi situs milik kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin menarik konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing pembaca, meski tanpa memakai properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun trik pembuatan artikel SEO Kawan, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly

Seringnya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda bersikeras menulis konten dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu itu tidak akan efisien.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar poin yang anda ulas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link per artikel malah memudahkan visitor maka silahkan saja.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel maka abaikan saja, sudah tidak jaman bro.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, total interlink website per page ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Newbie seringnya takut memasukkan external linking. Akibat takut Serp blognya jatuh jika memberi link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kamu untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs kawan sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly

External link ke web-web yang sesuai dengan isi artikel juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (kalau anda menjual sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya anda tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu artikel.

kawan malah wajib waspada kalau tingginya keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Misal, kalian sedang menulis tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi sobat dapat memberi kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly

Contoh lain jika kamu menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau sobat dapat memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting pada artikel kita.

Tapi dalam prakteknya, pemilik website yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari segi user experience, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor sakit mata dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat pokok terpenting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama konten tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, kamu dapat memasukkan keyword kawan di meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika mencari tulisan di search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image ke robot yang bekerja crawling pada artikel tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kamu menggunakan gambar dari Google, sebaiknya merubah nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak duplikat dengan image yang anda download itu. Kalau bisa, kamu juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit cropping image agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Gambar ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu berikan, semakin mantap peluang Google mengindek artikel kalian sebagai konten yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.

Inonasi Keyword ini menjadikan konten sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan konten unik dan siap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang admin posting ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika kamu membuat konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita buat pada artikel ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly guna menarik visitor itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan kamu hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google memakai berbagai model algoritma misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel