Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Metode penulisan konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Banyak trik tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, tapi tidak semuanya dapat diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dari pakar Seo, di bawah ini adalah cara membuat tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini admin tuliskan sebagai poin paling penting karena saya anggap sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
  Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dimanipulasi.

Mungkin sobat bisa menciptakan backlink atau tulisan yang clickbait tapi,, user experience sangat susah dibuat buat sebab diluar kendali kita selaku pemilik web. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine mereka.

Arti dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon pengguna ketika mereka menjelajahi blog milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin menarik isi dari web itu.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing sobat, walaupun tanpa menggunakan alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun trik menulis tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai raja.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dilakukan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

  Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Biasanya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus intinya kata pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Click bait terkadang dibutuhkan untuk menyusun konten asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibikin menjadi judul yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Mungkin Anda pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini masih enak dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

  Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Jika judul Anda kaku dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu hanya berputar putar membuat tulisan panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu itu tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara mendalam.

Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menemukan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang kamu ulas dapat lebih luas dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

  Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kalau ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya abaikan saja, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Sesuai


Banyak yang khawatir masalah ini. Akibat takut ranking webnya jatuh kalau membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kalian untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs kamu sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

  Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kalian mengenalkan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan anda tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas dari suatu tulisan.

sobat malah kudu waspada kalau tingginya keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

  Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, anda sedang membuat tips tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, jadi anda dapat menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti serupa misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

  Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Serupa di atas, kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika kawan bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. kamu juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting pada artikel kita.

Namun yang terjadi, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada kata yang dituju saja.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain akibat artikel yang dibaca kelihatan amatir.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. sobat bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna pokok terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama konten tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, kawan bisa menyisipkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada google.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

  Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika googling di search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada bot yang melakukan crawling pada halaman yang dibuat.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau sobat menggunakan gambar dari Google, sebaiknya merubah nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak duplikat dengan gambar yang kalian unduh itu. Jika bisa, kalian juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Pengunaan Media ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian isi, tambah besar kemungkinan Google mengindek konten kawan sebagai tulisan yang berkualitas.

Menurut dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.

Variasi Keyword ini menjadikan tulisan kamu menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator konten yang canggih


Membuat artikel adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan siap bertahan menempati page one. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan tool canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot contohnya yang kita buat pada tulisan ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel konten yang SEO friendly guna mencari visitor itu bagus, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan kawan hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah konten yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel