15 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Cara menulis konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya dapat digunakan dan ada beberapa bahkan yang telah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah cara menulis tulisan yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari suatu situs adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 15 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab selain kontrol kita sebagai pemilik web. So, tidak salah jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna ketika mereka mengunjungi website milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Mudahnya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, maka makin menarik isi dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing kamu, meski tanpa memakai produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun trik penulisan artikel SEO Anda, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam kategori user experience? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Ini kudu dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 15 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak murahan.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga rangking di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, melihat dari user experiencenya.

Kalau kamu bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu bersikeras menulis tulisan panjang hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu tidak akan efektif.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah konten yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya tema yang kamu jelaskan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap artikel malah membantu user sebaiknya buat saja.

 15 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya abaikan saja, pasti yang memberi saran tidak update ilmu SEOnya.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Relevan


Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut Serp webnya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs kalian sebagai web yang terpercaya karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

 15 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

External link ke situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk web-web affiliate (persiapan sobat mengenalkan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari suatu postingan.

sobat malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 15 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kamu lagi menulis tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 15 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Contoh lagi kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kawan bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. sobat juga bisa memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu trik jadul yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di tulisan kita.

Namun dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung sakit mata dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca aneh.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk pokok paling penting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu artikel.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topik utama konten itu.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, anda bisa menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 15 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian nah saat mendatangi situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika googling di mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak bisa membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke bot yang melakukan crawling di halaman yang dibuat.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau sobat memakai gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak duplikat dengan image yang kawan download itu. Jika perlu, anda juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit potongan image agar file image itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web .

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu isi, semakin mantap kemungkinan Google mengindek tulisan kawan sebagai artikel yang berkualitas.

Survei dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar artikel.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan kalian menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan mampu bertahan menempati page one. Seperti pada tulisan yang kita buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik memakai tool canggih ini.

Namun untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika sobat membuat tulisan dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada postingan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk mencari perhatian bot engine itu diinginkan oleh pembuat website, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kalian cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kamu bisa merajai page one.

0 Response to "15 Tips Membuat Konten Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel