16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Metode menulis konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan tips-tips tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya dapat diaplikasikan dan seringkali trik bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dibuat ahli Seo, berikut ini adalah tips menulis artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

Related

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah artikel yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat karena selain kendali kita sebagai penulis konten. So, tidak salah kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine mereka.

Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca saat mereka surfing situs kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir semua aktivitas browsing user, walaupun tanpa memakai alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sekeren apapun trik menulis tulisan SEO Anda, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Fenomena yang sering terjadi di website-website lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik


Misalnya contoh judul di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika membuat ide tulisan sebab jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan tampak tidka menyatu dan aneh ketika dibaca. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Mungkin sobat pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk mengganti judul tulisan. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika kamu bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat tulisan dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar inti yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kawan maka silahkan saja.

 16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per artikel maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir ranking blognya jatuh jika membuat link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kalian untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Pengaruhnya, Google mungkin melihat situs anda sebagai web yang keren karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga membantu pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau anda menjual produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk artikel yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kawan tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah tulisan.

kalian malah harus waspada jika tingginya keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, kamu lagi membuat trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka anda bisa memberi istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

 16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Contoh lagi jika anda membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau kawan dapat memasukkan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. sobat juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu trik ampuh yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada tulisan kamu.

Namun dalam kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca sakit mata dan langsung pergi karena konten yang dilihat tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat elemen-elemen terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu halaman.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama konten itu.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan kurang seni.

Untuk mengakalinya, sobat dapat menyisipkan keyword anda di meta deskripsi kalau pengguna wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat mengunjungi situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari tulisan di search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada robot yang bekerja crawling di tulisan tersebut.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika kalian menggunakan image berasal dari Google, pastikan merubah title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kalian tidak duplikat dengan gambar yang kalian unduh tersebut. Kalau harus, kalian juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Isi Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat sajikan, tambah besar peluang Google mendeteksi tulisan kawan menjadikannya konten yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang cocok.

Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu konten.

Variasi Keyword ini menjadikan tulisan sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mantap bertahan menempati page one. Misalnya pada konten yang admin buat ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai tool supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat sobat menciptakan artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang saya buat pada artikel ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu baik, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page konten kamu hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah tulisan yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel anda dapat merajai page one.

0 Response to "16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Ad Blocker Detected :(

Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

  1. Click on the AdBlock icon in your browser
    Adblock
  2. Choose, Don't run on pages on this domain
    Adblock
  3. A new window will appear. Click on the "Exclude" button
    Adblock
  4. The browser icon should have turned grey
    Adblock
  5. Refresh the page if it didn't refresh automatically. Thanks!
  1. Click on the AdBlock Plus icon in your browser
    Adblock
  2. Click on "Enabled on this site" position
    Adblock
  3. Once clicked, it should change to "Disabled on this site"
    Adblock
  4. The browser icon should have turned grey
    Adblock
  5. Refresh the page if it didn't refresh automatically. Thanks!